PEKANBARU, GORIAU.COM - Saling klaim kemenangan di Pilkada Riau masih berlanjut hingga hari ini. Kali ini hitung cermat (real count) yang dilakukan tim pemenangan Herman-Agus menyebutkan dari 1,6 juta pemilih dominan mengarah pada pasangan ini. Pasangan ini diklaim jauh meninggalkan pesaing terberatnya Anas-Andi.

"Hitung cermat ini menggunakan sistem yang benar-benar cermat, mulai dari pemungutan data sampai pada tahapan verefikasi data yang berlapis," kata Direktur Jejaring Media Sosial Hitng Cepat Posko Pememangan Herman-Agus, Marnus Marzuki dalam jumpa persnya di Pekanbaru, Kamis (5/9/2013).

Ia menjelaskan, dari jumlah total suara yang masuk, yakni sekitar 1.633.836 suara, menurut asumsi sudah mencapai lebih dari 73 persen suara sah Pilkada Riau. Asumsi tersebut menurut dia, jika dibandingkan dengan jumlah pemilih yang hanya 2,2 juta pemilih sudah diluar dari jumlah suara tidak sah sebanyak 300 ribu.

Data hitung cermat tersebut menyebutkan pasangan bernomor urut satu Herman-Agus (Hebat) memperoleh suara sebanyak 491.352 suara atau sekitar 30,07 persen dari total suara yang masuk.

Sementara pasangan nomor urut 2 yakni Anas-Andi (Aman) meraih suara sebanyak 330.576 suara dengan persentase menzcapai 20,23 persen.

Untuk pasangan nomor urut 3 Lukman Edy-Suryadi mendapatkan suara sebanyak 251.316 suara dengan persentase mencapai 15,38 persen kemudian untuk pasangan nomor urut 4 Achmad-Masrul (Amal) sekitar 328.428 suara (20,10 persen)

.

Kemudian yang terakhir, pasangan nomor urut 5 Jon Erizal-Mambang Mit (JEMM) hanya memperoleh suara sebanyak 232.164 suara dengan persentase sekitar 14,21 persen.

"Hasil ini bisa terus bergerak karena diperkirakan masih ada sebanyak 600 ribu suara lagi yang belum masih dari sejumlah kecamatan yang ada di berbagai kabupaten dan kota," katanya.

Hitung cermat yang dilakukan tim pemenangan Herman-Agus ini bertentangan dengan hasil sementara hitung cepat yang dilakukan oleh tim pemenang pasangan lainnya.

Hitung cepat sementara versi tim pemenangan Anas-Andi mencatat keunggulan untuk pasangan dari Partai Golkar tersebut. Data tersebut mencatat jumlah suara yang diraih pasangan ini mencapai 587.028 suara, sementara pasangan Herman-Agus hanya memperoleh 414.608 suara.

Ada juga hitungan cepat versi tim pemenangan Lukman Edy-Suryadi serta pasangan Achmad-Masrul, dua pasangan ini justru dinyatakan unggul sementara oleh masing-masing 'motor surveinya' dengan memperoleh suara diatas tiga pasang kandidat lainnya.

Sementara untuk pasangan nomor urut 5, Jon Erizal-Mambang Mit memilih untuk tidak mengumumkan hasil hitungan cepat yang dilakukan oleh tim pemenangannya.

Catatan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau tidak bertanggungjawab atas hasil survei yang dilakukan oleh masing-masing tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu.(fzr)