ASAHAN - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Prof Dr Ir Hj Darmayanti Lubis mendorong seluruh mahasiswa zaman sekarang khususnya di Kabupaten Asahan untuk tidak buta terhadap situasi perpolitikan di Indonesia.

Hal itu dikatakan Darmayanti saat menjadi pembicara dalam acara diskusi kebangsaan dengan tema peran mahassiwa dalam perkembangan politik di Indonesia yang digelar oleh senat mahasiswa Institut Agama Islam Darul Ulum (IAIDU) Asahan, Kamis (6/9/2018).

Dihadapan mahasiswa, Wakil ketua DPD RI itu menyampaikan sebentar lagi bangsa ini akan dihadapkan pada pesta demokrasi serentak pada tanggal 17 April 2019 untuk memilik 575 orang anggota DPR, 136 orang DPD, dan anggota DPRD Provinsi Kabupaten / Kota se Indonesia periode 2019-2024 dan dilakukan bersama dengan pemilihan Presiden Indonesia.

"Terus adik adik mahasiswa yang disini hanya jadi pemilihnya saja. Mulai saat ini tanamkan dalam hati saya harus bisa menjadi pemimpin dan menjadi bagian dari pemerintahan saat ini," ucap Darmayanti.

Untuk mencapai hal tersebut, dikatakannya Darmayanti saat ini mahasiswa harus mulai membiasakan diri aktif dalam politik strategis menjadi agen perubahan dan meningkatkan peran sosial control terhadap pemerintah saat ini.

Karena menurutnya peran pemuda, termasuk mahasiswa ikut andil dalam kontribusinya membangun bangsa ini mulai dari 1908 lahirnya Budi Utomo, 1928 Sumpah Pemuda, 1945 merebut kemerdekaan, 1966 turunnya orde lama, hingga terakhir reformasi 1998.

"Namun saat ini mulai terjadi pergeseran gerakan dikalangan mahasiswa. Perjuangan agent of change itu seperti sudah tak pernah terlihat lagi di mahasiswa saat ini," kata lulusan S3 Universitas Leeds Inggris itu.

Darmayanti juga mengharapkan kedepan mahasiswa harus bisa lebih kritis dengan mengoptimalkan peran intelektualnya, jadi kalau memberi kritik dengan analisanya yang lebih tajam tidak sekedar asal kritik.

"Dan yang paling penting harus berpikir secara idealis, tidak praktis harus melihat visi kedepannya serta yang tak kalah lebih penting tamat kuliah tepat waktu," ucapnya.

Sebelumnya, Rektor IAIDU Asahan Drs H.A Muin Isma Nasution melalui wakil rektor bidang kemahasiswaan Hj Nilasari Siagian, SH, MH mengapresiasi kunjungan anggota DPD RI yang mau datang berkunjung ke Kabupaten Asahan memberikan kuliah umum dan motivasi kepada para mahasiswa di kampusnya.

"Tentu saja kesempatan ini sangat jarang terjadi, antusias mahasiswa kami juga luar biasa menyambut acara ini lebih dari 300 mahasiswa hadir di ruangan ini. Kami mengharapkan acara seperti ini terus bisa dilakukan hingga bisa menambah wawasan mahasiswa," ujar Nilasari dalam sambutannya.***