TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Adanya surat suara Pemilihan Umum Gubernur Riau (Pilgubri) 2013 yang hanya memuat empat pasangan calon, juga terdapat di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Namun, jumlahnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan kabupaten kota lainnya.

Hingga hari ini, Jumat (16/8/2013) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing sudah mensortir dan melipat lebih kurang 30.000 lembar surat suara. Dari jumlah tersebut, baru ditemukan lima lembar surat suara yang memuat empat pasangan tersebut.

Masih mengenai masalah pemotongan, KPU Kuansing menemukan sekitar 37 lembar surat suara yang potongannya menghilangkan garis poto dari pasangan nomor urut 5. Seolah di dalam poto tersebut, Mambang Mit kehilangan bahu kiri. "Kita tidak bisa memakai surat suara ini," ungkap Komisioner KPU Kuansing, Dedi Erianto kepada GoRiau.com di Ruang Kerjanya, Jumat (16/8/2013).

Selain masalah pemotongan, surat suara yang berada di Kuansing juga dalam keadaan sobek di pinggirnya. Bahkan ada juga ditengah-tengah surat suara bolong. Jumlahnya sekitar 10 lembar surat suara.

Tidak hanya itu, KPU Kuansing juga menemukan beberapa lembar surat suara yang kotor. Menurut Dedi, hal tersebut diakibatkan tinta percetakan. "Surat suara yang kotor juga tidak bisa kita pakai," tegasnya.

KPU Kuansing juga menemukan dua lembar surat suara yang tidak bisa dilipat. Karena, posisi nama surat suara seharusnya berada di sisi depan ketika dilipat. Sementara, lokasi pencoblosan berada di sisi belakang. "Tapi ini beda, mungkin salah cetak," jelas Dedi.

"Walau demikian, kami menilai kesalahan surat suara di Kuansing masih dalam batas kewajaran," kata Dedi. Sebab, dari sekian banyak surat suara yang disortir, baru sekitar 55 yang bermasalah.(san)