PEKANBARU, GORIAU.COM - Penyampaian visi misi pasangan calon gubernur dan wakil Gubernur Riau dalam sidang istimewa DPRD Riau, Minggu (18/8/2013) berjalan lancar. Meski diwarnai interupsi dan listrik padam, tidak mengurangi kesemarakan sidang istimewa paripurna itu.

Agenda penyampaian visi misi oleh pasangan calon dihadapan ribuan audiens itu, hanya dalam waktu 20 menit. Namun, tidak semua pasangan calon yang konsisten terhadap hal tersebut.

Dari catatan Bawaslu Riau, pasangan Anas Maamun-Andi Rachman (Aman) dan Achmad-Masrul Kasmy (Beramal) konsisten terhadap waktu. Ia sama-sama menuntaskan penyampaian visi misi selama 20 menit. Meski waktu pasangan Beramal dibelah oleh azan sholat zuhur, sementara pasangan Aman diakui humoris menyampaikan visi misinya.

Sedangkan pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat, terpaksa memohon minta waktu tambahan kepada pimpinan sidang, ketua DPRD Riau Johar Firdaus, ketika waktunya sudah mencapai 20 menit.

"Tunggu satu menit lagi, ini hak saya menyampaikan sebagai calon gubernur," tantang mantan Walikota Pekanbaru dua periode itu.

Tantangannya itu membuat audiens bergemuruh dan bersorak-sorai. Dari catatan Bawaslu Riau yang diungkapkan Rusidi Rusdan, Herman Abdullah-Agus Widayat menghabiskan waktu selama 26 menit. Ini merupakan waktu paling lama digunakan dibanding pasangan calon lainnya.

Sementara itu, pasangan Lurus juga diperingatkan pimpinan sidang ketika waktunya sudah sampai 20 menit. Namun, ia meneruskan hingga menghabiskan waktu 23 menit.

Begitupun dengan pasangan Jon Erizal- Mambang Mit(JE-MM). Jika Lukman Edy menyampaikan visi misi dengan nada lantang, sedangkan Jon Erizal lebih mendayu. Namun, pasangan JE-MM juga menghabiskan waktu selama 23 menit.

Menurut anggota Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, masih menjadi catatan bahwa tiga pasang calon tidak komitmen dengan waktu yang dimiliki. Namun, hal tersebut bukan dianggap sebagai pelanggaran pemilu.

"Kita bisa memaklumi hal itu, sehingga hanya sebagai catatan saja. Pasangan Herman-Agus paling lama mungkin agak gerogi, karena ia kan pertama sekali," katanya.(kha)