PEKANBARU - Di Tugu Khatulistiwa Lipat Kain Selatan, Kecamatan Kampar Kiri, Riau, pada hari Kamis 25 hingga Jumat 26 Oktober 2018, bakal digelar event Festival Equator. Helat ini ditaja oleh Komunitas Bengkel Seni, Rantau Kampar Kiri (RKK) berkolaborasi dengan komunitas penggiat pariwisata Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dan berbagai komunitas lokal setempat.

Ketua panitia, Dody R.A, yang juga ketua Bengkel Seni RKK dan Ketua GenPI sub regional Kampar mengatakan, event yang dilaksanakannya itu menyajikan berbagai kegiatan kesenian bermuatan lokal. Pastinya atraksi ini menjadi sesuatu yang unik, jarang ditemui di zaman mileneal seperti saat ini.

"Acara akan digelar selama 2 hari, Insya Allah bakal diramaikan dengan berbagai kegiatan yakni, Bazar dan kuliner khas daerah, drama komedi, pemutaran film pendek bermuatan lokal, pelepasan lampion, lomba fashion show, lomba mewarnai, pergelaran randai pangkalan serai, kacau Kelamai (mengaduk dodol) antar desa,Talk show yang membahas tentang pariwisata dan mengunjungi beberapa destinasi wisata," kata Dody, di Pekanbaru, Selasa (23/10).

Ditambahkanya, pada tahun 2017 kegiatan ini pernah dihadiri sekitar 2000 orang pengunjung dengan melibatkan 50 peserta touring mobil dari Pekanbaru. Ia berharap pada tahun 2018 ini, jumlah pengunjung akan melebihi dari tahun sbelumnya.

"Tahun 2017 lalu, pengunjung yang datang lumayan ramai, jumlahnya sekitar 2000 orang. Dari jumlah pengunjung yang datang itu, pastinya sangat memberikan efek ekonomi kepada masyarakat sekitar Lipat Kain. Mudah-mudahan tahun ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya," kata Ketua GenPI sub regional Kampar, Dody R.A.

Masih kata Dody, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu memberikan dukungan pada perhelatan Festival Equator 2018, diantaranya Pemerintah Kabupaten Kampar, Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Kementerian Pariwisata RI dan berbagai media yang turut membantu mempromosikan kegiatan ini.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Fahmizal Usman, saat dihubungi melalui aplikasi whats app menjelaskan, Tugu Equator merupakan ikon wisata di provinsi Riau. Menurutnya, berbagai event yang digelar di pelataran tugu khatulistiwa di Lipat Kain, pastinya akan turut membantu promosi keberaadaan tugu itu sehingga dikenal masayarakat luas.

"Tugu Equator jarak tempuhnya sekitar 65 km dari Kota Pekanbaru. Bila kondisi jalan lancar sekitar 1 jam 30 menit menggunakan mobil atau motor. Hal ini sangat memungkinkan menarik pergerakan wisatawan dari Pekanbaru untuk datang," kata Kadispar Riau, yang akrab disapa Fahmi.

Disampaikannya, Ia bersama komunitas sepeda 'Wisata Goes' akan hadir pada acara itu, dengan menggunakan sepeda dari Kota Pekanbaru. “Bila tidak ada halangan kami akan menggoes sepeda dari Kota Pekanbaru ke Tuggu Equator Lipat Kain dan dilanjutkan ke Kuantan Singingi. Semoga kegiatan ini berjalan sukses," imbuhnya. ***