BENGKALIS, GORIAU.COM - Yosi Okta, qoriah tuan rumah, Bengkalis berhasil melaju ke babak final pada cabang Tilawah dewasa putri. Yosi bersaing dengan qoriah dari dua kabupaten lainnya untuk mendapatkan posisi terbaik di babak final yang digelar di Astaka Utama Lapangan Tugu, malam ini.

''Untuk juara III sudah ditangan. Namun kita berharap Yosi mampu mempersembahkan yang terbaik,'' harap Ketua Bidang Tilawah Kabupaten Bengkalis, Hambali, Selasa (18/12/2012). 

Berbeda dengan Yosi, qori asal Kabupaten Bengkalis untuk tilawah dewasa putra, Usman gagal melaju final. Menurut Hambali, Usman kalah bersaing dengan qori dari 12 kabupaten dan kota pada babak penyisihan yang digelar, Minggu (16/12/2012) lalu. 

Pada babak penyisihan, sambung Hambali, Usman tampil dengan nomor urut 2 membacakan surat An-Naml ayat 67 sedangkan Yosi tampil nomor urut 5 melantunkan kalam Alquran surat Al-Ankabut ayat 1. Baik Usman maupun Yosi dengan begitu fasih dan merdunya tatkala membacakan ayat-ayat al Quran.

''Walaupun Usman sudah tampil semaksimal mungkin, ternyata qori dari kabupaten dan kota lainnya tampil lebih baik,'' ujar Hambali.

Ketika ditanya qoriah dari kabupaten dan kota mana saja yang menjadi saingan Yosi di final, Hambali mengatakan sejauh ini dirinya belum mendapatkan informasi. Pada saat pertandingan majelis hakim hanya menyebutkan nomor peserta bukan kabupaten dan kota asal kafilah.

''Kita berharap Yosi bisa mengulang kesuksesaanya beberapa tahun lalu. Dia pernah menjadi juara I tingkat provinsi,'' harap Hambali.

Dengan keberhasilan Yosi masuk final maka total kafilah yang melaju ke final dari Kabupaten Bengkalis makin bertambah. Kalau sebelumnya ada tujuh finalis maka dengan keberhasilan Yosi bertambah menjadi 8 finalis. Ketujuh finalis yang terlebih dahulu tampil di final adalah Nur Insan (Tartil Putra), M Dalimanul Hakim (Hifzil 1 juz Tilawah), Fenty Nanda Putri (Tilawah Remaja Putri), Nasrudin (Tilawah Remaja Putra), Mardiana (M2IQ), Satria Efendi (Khattil Qur’an) dan tim Eka Purnama Dewi, Khomariah, Syamratul Affida (Syarhil Qur’an). (jfk)