PEKANBARU - Aparat Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau menggerebek empat rumah di daerah Kampung Dalam, Pekanbaru yang diduga jadi tempat peredaran gelap Narkoba, Kamis (14/12/2017) sore. Hasilnya, delapan orang dibawa, di mana dua diantaranya diduga sebagai pengedar.

Ini disampaikan langsung oleh Kepala BNN Riau Brigjen M Wahyu Hidayat melalui Kepala Bidang Pemberantasan AKBP Haldun. Kata Haldun, kedelapan orang tersebut dibekuk di beberapa lokasi terpisah di Kampung Dalam. Ada yang sedang di gang serta ada juga di rumah yang memang jadi target penindakan BNN Riau.

"Kita gabungan dengan BNNK Pekanbaru. Ada empat rumah tadi. Total delapan orang kita amankan, satu diantaranya perempuan dan tujuh lainnya laki-laki. Dari mereka, dua orang yang kasusnya bisa kita naikkan, karena diduga sebagai pengedar," ungkap AKBP Haldun berbincang dengan GoRiau.com.

Sementara enam orang lainnya akan dilakukan tes urine untuk memastikan kalau mereka mengkonsumsi Narkotika. "Kalau memungkinkan kita kirim ke Lido, untuk mengurangi kegiatan (Peredaran Narkoba, red) di Kampung Dalam," tegas dia. Klik Video: Detik-detik Penggerebekan BNN Riau di Kampung Dalam

Adapun inisial kedua orang terduga pengedar tersebut adalah RR dan MTK. Selain keduanya, aparat BNNP Riau juga menyita 20 paket Sabu-sabu siap edar. "Pola mereka menjual itu di gang-gang. Jadi posisinya siap lari. Kalau ada petugas datang mereka langsung kabur," bebernya.

"Tadi juga saat kita gerebek, mereka sempat kabur lewat gang dan jalan-jalan rahasia, tapi berhasil kita tangkap. Untuk yang diamankan di rumah, ada sekitar tiga orang saat itu yang sedang menggunakan Narkoba," ulas Kabid Pemberantasan BNN Riau tersebut.

Selain itu, petugas juga menyita uang tunai Rp650 ribu, hasil penjualan Narkoba. Adapun saat penggerebekan dilakukan, satu orang bandar Narkoba berhasil meloloskan diri, dengan kabur lewat jendela rahasia. Sedangkan yang lainnya terciduk ketika tengah berupaya kabur lewat jalan tikus.

"Itu jalan dan jendela rahasianya bisa tembus ke mana-mana. Tadi sudah kita sisir semua," pungkas Haldun. Adapun penggerebekan ini sempat menyita perhatian warga sekitar. Mereka beramai-ramai menyaksikan aksi aparat BNN Riau di Kampung Dalam. ***