PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan protokol di Kota Pekanbaru - Riau pada Senin (18/6/2018) siang atau tepatnya H+3 lebaran Idulfitri, terpantau masih sepi. Kendaraan yang lalu lalang juga tidak begitu dominan.

Menurut pantauan GoRiau.com, ruas jalan yang cukup sepi ini berlangsung sejak pagi hingga Senin siang, diantaranya Jalan Jenderal Sudirman, Ahmad Yani serta Jalan Riau. Tiga ruas jalan tersebut, biasanya kerap terjadi kepadatan kendaraan.

Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan Pasar Sukaramai eks Ramayana misalnya, tak tampak kemacetan seperti yang terjadi beberapa hari lalu sebelum lebaran Idulfitri. Meski demikian, aktivitas masyarakat yang berbelanja masih ada, namun tidak ramai.

Biasanya untuk melewati lokasi itu pengendara harus ekstra bersabar, lantaran tersendatnya lalu lintas akibat tingginya aktivitas serta buruknya tata kelola parkir. Namun pada H+3, ruas jalan depan pasar Sukaramai bisa dilalui tanpa hambatan.

Begitu juga dengan Jalan Ahmad Yani, di mana kemacetan kerap terjadi persisnya sebelum persimpangan Jalan Cempaka. Pada hari ini ruas jalan tersebut terpantau lancar hingga ke Pasar Kodim, dan tak sepadat hari-hari biasanya.

Kemudian di Jalan Riau juga demikian. Mulai dari roda empat hingga roda dua dapat melintas tanpa ada hambatan yang berarti, di mana ini jadi pemandangan tersendiri, lantaran biasanya kerap terjadi penumpukkan kendaraan pada hari-hari biasa.

Sepinya jalan-jalan di Kota Pekanbaru, disebabkan karena masyarakat masih banyak yang berada di luar kota atau mudik ke kampung halaman. Apalagi libur bersama pada lebaran tahun ini berlangsung cukup lama.

Sebagian warga Pekanbaru yang tidak pulang kampung memilih menghabiskan liburan dengan mengunjungi pusat perbelanjaan, tempat kuliner, objek wisata atau berkunjung ke rumah kerabat, teman hingga relasi. ***