PEKANBARU - Halaman Kantor Gubernur Riau, Senin (31/10/2016) pagi dipenuhi ribuan massa dari tiga pilar, diantaranya Kepala Desa (Kades), Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa. Mereka mengikuti apel kebangsaan yang dipimpin Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Apel kebangsaan tiga pilar tersebut dalam rangka kontijensi di wilayah Riau tahun 2016. Tujuan utamanya, untuk mempersatukan tiga kekuatan (TNI, Polri dan pemerintah, red), yang berperan sebagai barisan terdepan untuk mempererat dan memperkuat hubungan dengan masyarakat.

"Semangat bersatu, semangat bersama, melaksanakan tugas dan menjaga negara supaya tetap damai," ungkap Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI Nurendi yang dapat kesempatan pertama memberikan arahan, setelah amanah dari Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Sementara Kapolda Riau, Brigjen Zulkarnain yang dapat kesempatan kedua setelah Danrem, lebih fokus membahas soal kekompakan tiga pilar ini, khususnya jelang Pemilukada. "Berikan pelayanan paling prima dan terdepan," sampainya.

Zulkarnain juga menyinggung soal Pungli (Pungutan Liar) yang kini tengah diberantas Polri. "Polisi bagian dari penegakkan hukum, harus bersih. Kebersamaan tiga pilar harus satu, jangan satu untuk berbuat jahat, apalagi Pungli, namun satu untuk kebaikan," ungkap dia.

Terakhir, arahan dari Danlanud TNI AU Roesmin Nurjadin, Marsma Henri Alfiandi. Orang nomor satu di Angkatan Udara Riau punya pandangan tak jauh beda dengan dua jenderal sebelumnya, yakni soal kekuatan tiga pilar dalam memperekat hubungan dengan masyarakat.

"Mereka (Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Kades, red), paling depan menjaga. Ini sakti. Kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat berada di tangan tiga pilar ini," ungkap Henri. "Pelihara terus, tingkatkan terus, jalani tugas secara tulus dan ikhlas, ini amanah," tukasnya.

Uniknya, usai apel digelar, Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI Nurendi spontan memanggil seluruh peserta apel untuk duduk lesehan di lapangan upacara. Ia mengambil pengeras suara dan memimpin lagu ulang tahun untuk Kapolda Riau, Brigjen Zulkarnain.

Kebetulan hari ini, bertepatan dengan ulang tahun Brigjen Zulkarnain ke-55. Suasana kian akrab, ketika tiga pilar tersebut membaur tanpa dibeda-bedakan warna seragam. Ini cermin dari keakraban TNI, Polri dan pemerintah di Provinsi Riau.

Selain dihadiri para Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan Kades, Apel Kebangsaan 3 Pilar tersebut juga dihadiri seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil), Forkopimda Kabupaten/Kota, serta Kajati, Kakanwil KemenkumHAM, Kepala BNN Riau dan lainnya. ***