PEKANBARU - Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru Provinsi Riau, akan menerapkan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus dijalan protokol, dalam menghadapi aksi unjuk rasa ribuan buruh yang digelar Senin (23/10/2017) besok.

Sesuai skemanya, pengendara yang lewat di depan kantor Gubernur Riau Jalan Jenderal Sudirman (Tugu Zapin, red) akan dialihkan melalui jalur alternatif, diantaranya Jalan Tuanku Tambusai (Flyover) serta Jalan Cutnyakdien dekat gedung Bank Riau Kepri. Jadi tidak ada kendaraan yang melintasi Bundaran Zapin dan sekitarnya.

Sementara dari arah sebaliknya, juga dialihkan dengan memutar di U-Turn depan kantor Dinas Sosial samping Mapolda Riau, begitu juga kendaraan dari Jalan Kartini yang menuju Jenderal Sudirman, memutar di U-Turn depan Dinas Sosial.

Kemudian untuk ruas Jalan Gajahmada juga dialihkan saat unjuk rasa berlangsung, melewati Jalan Sumatera hingga tembus ke Jalan Pattimura, lalu berbelok ke Jalan Jenderal Sudirman dekat flyover Taman Makam Pahlawan. Untuk Jalan Diponegoro masih normal.

Untuk Jalan Prambanan dan Jalan Thamrin, sesuai peta pengalihan yang dirilis Satlantas Polresta Pekanbaru, akan diberlakukan satu arah, sehingga menghindari kepadatan dan penumpukan kendaraan.

Adapun rencananya, Senin besok demonstrasi melibatkan ribuan buruh dari sejumlah Kabupaten di Provinsi Riau, dengan titik aksinya dibeberapa kantor pemerintahan di Kota Pekanbaru, salah satunya kantor Gubernur Riau.

Untuk mengamankan berlangsungnya unjuk rasa, Polresta Pekanbaru sudah menyiapkan 500 personelnya, termasuk dari jajaran Polsek. Ditambah dari aparat Polda Riau dengan total mencapai ribuan personel.

Unjuk rasa ini rencananya dimulai Senin pagi, dan berlangsung tentatif, mungkin hingga sore hari. ***