PEKANBARU - Selain merazia Waria, petugas Satpol PP Kota Pekanbaru, Provinsi Riau juga menggelar operasi penertiban terhadap penginapan Bintang 5 yang berada di Jalan Arifin Achmad, Jumat (8/9/2017) dini hari. Tak tanggung-tanggung, 57 orang berhasil diamankan.

Dari jumlah itu, 28 pasangan diantaranya diketahui tidak memiliki ikatan suami istri. Mereka kepergok tengah berdua-duaan di kamar. Sementara seorang wanita tanpa pasangan juga turut diamankan petugas, karena tidak bisa menunjukkan identitas diri (KTP, red).

Begitu tiba, petugas Satpol PP Pekanbaru langsung berkoordinasi dengan resepsionis penginapan untuk mendampingi proses razia berlangsung. Masing-masing anggota lalu berpencar kesetiap kamar penginapan yang jumlahnya mencapai puluhan itu.

Betapa kagetnya penghuni kamar saat pintu dibuka, ternyata yang mengetuk dari luar petugas Satpol PP. Tak ayal, mereka pun spontan panik. Satu persatu identitas diperiksa untuk memastikan apakah ada ikatan yang sah atau tidak. Dengan begitu, pasangan mesum tersebut tak bisa mengelak lagi.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian disela-sela razia digelar mengatakan, Wisma Bintang 5 ini memang sudah lama diawasi oleh jajarannya, terkait banyaknya laporan yang masuk, di mana diduga terjadi pelanggaran-pelanggaran (Perda; Peraturan Daerah, red).

"Ini bentuk pengawasan kita di penginapan atau wisma. Karena banyak laporan yang masuk, bahkan beberapa waktu lalu wisma ini sudah dilakukan pemeriksaan oleh instansi lain, dan ditemukan pelanggaran Perda. Untuk itu kita pastikan dengan melakukan pengecekan," ungkapnya.

Benar rupanya, dari dalam kamar tersebut petugas Satpol PP berhasil mengamankan 57 orang (Diantaranya 28 pasangan tanpa ikatan suami istri, red) sedang berkencan. Setelah diperiksa, kesemuanya lalu dibawa ke truk operasional dan digiring ke kantor, dini hari itu juga.

"Mereka kita data, dan akan dinformasikan ke keluarganya, bahwa anak mereka ada di tempat tersebut (Wisma Bintang 5, red). Semoga bisa ditindak lanjuti oleh keluarga, agar tidak terulang kejadian serupa," kata Zulfahmi diwawancarai GoRiau.com.

Puluhan pasangan mesum tersebut juga mendapat nasehat dari petugas di kantor Satpol PP Pekanbaru, agar tidak mengulangi perbuatan tersebut. Mereka tampak hanya bisa menunduk, sembari menutup wajah. Rata-rata, usia mereka terbilang masih muda-muda. ***