JAKARTA - Mengisi waktu liburan perkuliahan, 35 orang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) asal Riau melaksanakan program kerja koordinasi antar lembaga/Dinas di lingkungan pemerintah, sosialisasi di beberapa SMA dan bakti sosial di Pekanbaru.

Pada saat mengunjungi kantor Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Riau di kawasan komplek Bandar Seni Raja Ali Haji purna MTQ Pekanbaru, pada Senin (15/1/2018) pagi, rombongan mahasiswa UI yang diketuai oleh Ahmad Arif disambut langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau, Fahmizal Usman beserta jajarannya.

Ahmad Arif menyampaikan, dirinya datang ke Dispar Riau bersama rekan-rekannya untuk menggali lebih banyak tentang potensi kepariwisataan yang ada di provinsi Riau.

"Tujuan kami datang ke Dinas Pariwisata provinsi Riau untuk mengetahui informasi tentang kepariwisataan di provinsi Riau, seperti jumlah kunjungan wisatawan, destinasi-destinasi dan iven pariwisata," kata mahasiswa semester empat Fakultas Hukum UI, Ahmad Arif.

Kadispar Riau, Fahmizal Usman pada saat memberikan pengarahannya memaparkan, kunci keberhasilan dalam mengembangkan kepariwisataan di butuhkan sinerjisitas unsur Pentahelix.

"Dalam berbagai rapat koordinasi nasional menteri Pariwisata, Bapak Arif Yahya selalu menegaskan, Pariwisata Indonesia bukan saja tanggung jawab Pemerintah, tetapi menjadi tanggung jawab lima elemen pentahelix yaitu pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, media, dan komunitas," papar Fahmizal Usman.

"Sinergi yang disebut dengan Penta Helix itu menjadi kunci mengembangkan sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau, Fahmizal Usman.

Pada kegiatan itu Fahmizal juga menjelaskan berbagai destinasi dan iven pariwisata yang ada di provinsi Riau serta jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara yang selalu mengalami kenaikan pada setiap tahun.

Masih pada kesempatan itu, Fahmizal Usman juga berharap kepada mahasiswa yang hadir agar turut membantu melakukan kegiatan sosialisasi tentang pariwisata kepada para pelaku pariwisata dengan menciptakan tujuh unsur Sapta Pesona yaitu Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan. ***