PEKANBARU, GORIAU.COM - Pekanbaru Job Expo 2013, secara resmi dibuka oleh Wakil Walkota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Mutiara Merdeka Hotel Pekanbaru, Senin (10/6/2013). Event ini pun diharapkan mampu mendukung pemberantasan angka pengangguran di Pekanbaru yang terus meningkat.

''KIta berharap dengan event ini dapat menekan angka pengangguran di Pekanbaru. Dengan adanya Job Expo maka penerimaan pekerja akan transparan dan lebih merata. Apalagi di job expo ini banyak peluang kerja yang dibuka oleh puluhan perusahaan,'' ujar Wakil Walkota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Mutiara Merdeka Hotel Pekanbaru, Senin (10/6/2013).

Ayat Cahyadi juga memberi apresiasi kepada panitia yang sudh membangun kerjasama yang baik dengan perusahaan peserta dimana perusahaan sudah membuka lowongan kerja sebanyak 9.010. ''Ini jumlah yang cukup besar dan mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tenaga kerja kita,'' tambahnya.

Ayat mengatakan, belajar dari pagelaran Job Expo tahun 2012 dimana ada 8.000 lowongan kerja yang diperebut itu hanya terisi sekitar 53 persen pencaker. Hal itu sebutnya, dikarena banyaknya pencaker yang minim miliki keterampilan, kurang kecakapan dalam berbahasa asing serta mental yang belum teruji. ''Karena itu, kedepan harus ada upaya untuk meningkatkan keterampilan tersebut,'' ujarnya.

Sementara itu Kepala Disnaker Pekanbaru Pria Budi mengatakan, pagelaran dari Job Expo 2013 ini diharapkan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Disebab, para Pencaker yang merebutkan posisi lowongan tersedia di perusahaan peserta Job Expo. "Tentunya, berharap ditahun ini lebih baik," kata Pria Budi.

Dikesempatan itu ia mengatakan, karena selain lowongan tersediakan ini bukan hanya dari dalam negeri, tetapi juga membuka dari luar negeri. Tentunya, yang diharapkan dengan adanya Job Expo ini bisa mengurangi angka pencaker di Kota Pekanbaru. Dan ini sambungnya, program rutin tahunan Disnaker Pekanbaru. (rdi)