PEKANBARU - Razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar jajaran Polsek Payung Sekaki Kota Pekanbaru, Riau di hotel-hotel hingga Minggu (3/12/2017) dini hari membuahkan hasil. Dua pria dan seorang wanita terpaksa dibawa, setelah aparat menemukan benda tak terduga dari kamar mereka.

Ketiganya diamankan dari salah satu hotel di Jalan Ikhlas. Saat itu polisi tengah melakukan razia cipta kondisi. Satu persatu kamar dicek, termasuk kamar tempat mereka menginap. Saat pintu dibuka, pihak berwajib mendapati ketiganya, di mana dua diantaranya pria dan seorang wanita.

Ini tak ayal menimbulkan kecurigaan polisi. Satu pria mengaku berasal dari Dumai, seorang lagi Pekanbaru termasuk si wanita. Pengakuannya mereka hanya berkumpul saja, namun wanita itu cuma mengenakan tanktop dan celana jeans, sementara satu pria lagi bertelanjang dada.

Sesuai prosedurnya, petugas lalu memeriksa identitas mereka termasuk mengecek barang-barang di kamar. Di situlah polisi menemukan sebuah tas kotak berisi senjata jenis air soft gun, lengkap dengan alat pelontarnya serta amunisi. Ketiganya pun langsung gagap.

Kepada polisi, si pemilik airsoft gun ini mengaku sengaja mengantongi senjata tersebut untuk jaga-jaga. Sebab, ia kerap berkendara jarak jauh, diantaranya Dumai - Pekanbaru. Sayangnya, barang yang tidak boleh sembarang orang memilikinya itu ternyata tak ada izin.

"Nggak ada izin pak. Saya beli di Pekanbaru," tutur pria berinisial In selaku pemilik airsoft gun ini. Atas temuan tersebut, aparat terpaksa membawa ketiganya ke Polsek Payung Sekaki untuk dimintai keterangannya lebih lanjut, serta guna memastikan kalau orang-orang ini tidak terlibat kriminalitas.

"Kita amankan senjata dan ketiga orang itu. Mereka kita mintai keterangannya terlebih dahulu untuk memastikannya, untuk apa kepentingan memiliki airsoft gun tersebut," ungkap Kapolsek Payung Sekaki AKP Benni Syaf kepada GoRiau.com, usai razia digelar.

Sesuai target razia, lanjut Benni, adalah untuk mengantisipasi peredaran senjata tajam/api, minuman keras serta peredaran gelap Narkoba. Sebab itu, kepolisian sudah melakukan langkah yang tepat dengan mengamankan ketiganya untuk dimintai keterangannya.

Selain menemukan airsoft gun, razia yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Payung Sekaki ini juga menemukan puluhan pasangan tanpa ikatan suami istri, tengah berduaan di kamar hotel. Mereka lalu diberi peringatan, agar tidak mengulangi perbuatan serupa. ***