SIAK - Plt Bupati Siak Alfedri ditemani Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lukman, meninjau Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMP/MTS di Siak, pada hari pertama, Senin (23/4/2018) pagi.

Tidak seperti biasanya, salah satu SMP di kabupaten Siak ini menggelar UNBK dengan cara lesehan atau duduk di lantai. "Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat stres anak-anak," kata salah seorang guru.

Sengaja kita buat, ucapnya, agar siswa lebih santai dan fokus menjawab semua pertanyaan atau soal-soal dari komputer tersebut.

Sementara, Plt Bupati Siak Alfedri disela-sela kunjungannya itu berpesan, agar anak-anak fokus pada ujian nasional yang sedang dilaksanakan.

"Semoga seluruh siswa/i yang mengikuti UN ini, diberikan kemudahan dalam menjawab soal dan diberikan nilai yang memuaskan. Sehingga semuanya bisa lulus dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, amin," harap Alfedri.

Dilain pihak, Lukman menambahkan, untuk mensukseskan pelaksanaan UNBK pihaknya telah menyurati kantor PLN cabang Siak dan juga Kantor Telkom, untuk membantu menstabilkan listrik dan juga jaringan internet.

"Kami sudah berkoordinasi dengan PLN dan Telkom, untuk membantu menstabilkan listrik dan juga jaringan internet. Sehingga pelakanaan ujian ini berjalan dengan lancar," ujarnya.

Pelaksanaan UN ini, kata Lukman, dilaksanakan selama 4 hari. Dimulai dari hari Senin hingga hari Kamis (23-26 april 2018) , dan setiap harinya hanya satu mata pelajaran saja.

Dijelaskannya, jumlah murid yang ikut UN tingkat SMP sederajat di Kabupaten Siak sebanyak 8.651 siswa/i.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.184 peserta mengikuti UNBK dari 29 sekolah, dan 5.467 murud mengikuti Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dari 110 sekolah se-Kabupaten Siak," tandasnya. ***