DURI - Kedatangan rombongan tim juri lomba perpustakaan tingkat Nasional dari Jakarta, Plt Sekda Bengkalis Arianto, Anggota DPRD Bengkalis Hendri dan Fransiska Sinambela, dan sejumlah Pejabat lainnya dari Provinsi Riau di SMAS Cendana Duri disambut ratusan pelajar Cendana sambil melambaikan bendera merah putih kecil di tangan.

Selanjutnya tamu dan undangan spesial ini juga dikalungkan bunga satu persatu sebelum memasuki lokasi acara. Begitu sudah di tempat duduk, mereka kembali dihibur dengan penampilan Marching Band Bahana Cendana Kartika yang sudah berprestasi hingga tingkat Internasional.

Direktur Yayasan Cendana Riau Deni Satria melalui Kabid Umum Kandidat Doktor Masrur ZN mengatakan sesuai dengan visi dan misi Yayasan Cendana mewujudkan pemuda yang cerdas dan berkarakter kebangsaan serta sukses berkompetisi secara global.

"Salah satu dengan melaksanakan ekstrakurikuler. Marching Band Cendana ini juga sudah berkali-kali diundang ke Istana untuk pengibaran dan penurunan bendera pada upacara HUT RI. Lagu-lagu yang ditampilkan itu bersumber dari perpustakaan Tenas Effendi, jadi perpustakaan Tenas Efendi ini memiliki peran dalam berbagai prestasi di SMAS Cendana Duri ini," kata Masrur, Kamis (24/8/2017) saat acara.

Kepala SMAS Cendana Dra Wiselmi pada sambutannya mengatakan perpusatakaan sekolah ini adalah sarana bagi siswa untuk memperoleh informasi membuka wawasan dalam meningkatkan prestasi, potensi dan bakat siswa.

"Keberadaan perpustakaan berperan besar dalam membentuk karakter siswa selain proses pembelajaran di dalam kelas maupun ekstrakurikuler lainnya. Berbagai sumber informasi yang dibutuhkab siswa dapat diperoleh melalui perpustakaan. Atas dasar itulah perpustakaan Tenas Efendi diberdayakan," kata Wiselmi.

Seiring berjalannya waktu, lanjut Wiselmi lagi, perpustakaan Tenas Effendi tidak hanya menjadi tempat membaca buku, melainkan juga tempat siswa beraktivitas, berinovasi, dan berekreasi di lingkungan sekolah.

"Muncul keinginan dari pengurus perpustakaan Tenas Effendi untuk berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat sekitar dengan membuat perpustakaan keliling Tenas Effendi dengan sasaran utama SD se Kecamatan Mandau yang belum terjangkau kemajuan teknologi," ujarnya lagi.

Mewakili Tim Juri dari Jakarta, Drs Sudirwan Hamid menyampaikan salah satu tujuan nasional perpustakaan itu adalah mencerdaskan bangsa. Ada 2 jalur yang ditempuh untuk mencerdaskan bangsa, pertama pendidikan formal seperti dari SD hingga ke SMA dan pendidikan non formal itu yakni dari perpustakaan.

"Kami berharap, Pemkab Bengkalis tentunya dapat mendukung seluruh program perkembangan perpustakaan yang ada di seluruh wilayah Bengkalis. Cendana masuk 10 besar dari 34 Provinsi yang memasukan berkas perpustakaannya. Kita juga akan mengundang 10 besar Perpustakaan yang lolos ke Final ini di malam pengumuman yang terbaik," ujar Sudirwan.

Dalam kesempatan itu juga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau yang hadir mewakili Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahina Erna menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada SMAS Cendana Duri yang sudah membawa nama Provinsi Riau ke kancah Nasional.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin yang diwakili oleh Plt Sekda Bengkalis, Arianto juga berharap hari ini adalah sebagai hari keberkahan bagi SMAS Cendana untuk menjadi yang terbaik se Indonesia dan mendapatkan predikat itu nantinya pada malam grandfinal di Jakarta. Kepada tim juri, Arianto juga mengatakan Perpustakaan Tenas Effendi sangat siap untuk menjadi yang terbaik dalam perlombaan perpustakaan tingkat Nasional ini.

"Ini merupakan sebuah penghargaan bagi Pemkab Bengkalis, dimana SMAS Cendana Duri terpilih mewakili Provinsi Riau untuk perlombaan perpustakaan tingkat nasional. Pemkab Bengkalis juga akan terus meningkatkan pelayanan perpustakaan di seluruh wilayah Kabupaten Bengkalis hingga ke pelosok daerah, termasuk pengadaan perpustakaan keliling," kata Arianto yang cukup kagum dengan prestasi-prestasi SMAS Cendana Duri.***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/1_resizedj-6192.jpgFoto bersama guru-guru SMAS Cendana Duri

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/2_resizedj-6191.jpgRombongan Pemkab Bengkalis dan Juri Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional tiba dan disambut ratusan pelajar.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/3_resizedj-6190.jpgPengalungan bunga kepada Dewan Juri perlombaa perpustakaan yang datang dari Jakarta.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/4_resizedj-6189.jpgPenampilan pencak silat dari pelajar SMAS Cendana Duri

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/5_resizedj-6188.jpgKepala SMAS Cendana Duri, Dra Wiselmi menerima sirih dari penari persembahan

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/6_resizedj-6187.jpgDewan juri dan undangan menonton penampilan Marchin Band Cendana Duri.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/7_resizedj-6186.jpgMarching Band Cendana Duri tampilkan 2 lagu melayu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/8_resizedj-6185.jpgPrestasi Marching Band Cendana Duri diakui semua undangan yang hadir.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/9_resizedj-6184.jpgTiga pembawa acara penilaian lomba perpustakaan di SMA cendana dengan 3 bahasa.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24082017/10_resized-6183.jpgPlt Sekda Bengkalis Arianto memberikan sambutan.

i