DURI - Sebanyak 25 Penegak Bantara Pramuka di SMAS Cendana Duri dikukuhkan, Sabtu (18/11/2017) dini hari oleh Kakak Pembina, Kak Ezi Liswita dan Kak Ruslan Abdul Gaya yang merupakan Kwaran Mandau.

Dikatakan Pembina Pramuka Gudep 03049 - 03050 SMAS Cendana Duri, Yeni Agus kepada GoRiau.com menyebutkan, 25 Penegak Bantara ini sebelum dilantik wajib mengikuti berbagai tes.

"Tes ilmu pengetahuan tentang pramuka, uji tes mental, tes fisik dan muasabah untuk menilai diri mereka sendiri. Kegiatan ini berlangsung 2 hari di komplek SMAS Cendana Duri," kata Yeni dalam kegiatan Perjusa(Perkemahan Jumat dan Sabtu) itu.

Dijelaskan Yeni lagi, Penegak Bantara ini merupakan tingkatan syarat-syarat kecakapan umum pertama dalam satuan Penegak sebelum Penegak Laksana. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak.

"Pramuka ini merupakan orang terlatih siap secara jasmani dan rohani. Jika di dalam dunia kerja, mereka yang pernah aktif pramuka ini sangat dicari, khususnya di perusahaan BUMN yang karyawannya harus bekerjasama atau timnwork," ujar Yeni lagi didampingi Kepala SMA Cendana Duri, Dra Wiselmi. ***