TEBINGTINGGI TIMUR, GORIAU.COM - Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi berkesempatan mengunjungi Desa Tanjung Sari, Kecamatan Tebing Tinggi Timur. Melihat kondisi desa dimana belum ada sekolah menengah pertama (SMP), bupati pun langsung berjanji akan membangunan SMP di desa tersebut agar lulusan SD bisa bersekolah di daerah sendiri.

Pada kesempatan itu, Bupati langsung menugaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti untuk memasukkan pembangunan gedung SMP Desa Tanjung Sari pada program 2014. Bahkan orang nomor satu di Kabupaten pemekaran baru itu menginginkan pada tahun 2014 nantinya gedung sekolah sudah berdiri dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajak. 

''Paling tidak sebanyak tiga lokal saja dulu untuk tahap awal. Saya minta ini dapat ditindaklanjuti secara serius,'' tegas Irwan setelah melihat kondisi siswa SMP yang masih menumpang gedung di SD Desa Tanjung Sari tersebut, Selasa (23/4/2013).

Menurut Bupati animo anak-anak Desa Tanjung Sari untuk mengecap pendidikan sampai jenjang tertinggi sangat tinggi. Makanya semangat itu harus diselaraskan degan penyiapan sarana dan prasarana pendidikan di daerah itu sendiri. Sehingga mampu menciptakan generasi yang memiliki SDM yang handal nantinya diwilayah Kepulauan Meranti.

Lebih jauh Bupati Irwan mengajak seluruh masyarakat di Tanjung Sari dan sekitarnya agar tetap mempertahankan semangat untuk bersekolah. ''Jangan sampai nantinya setelah sarana dan prasarana dibangun oleh pemerintah, malah tak ada orang bersekolah,'' ujarnya.

Irwan mengharapkan juga pihak swasta agar dapat membantu mendukung program pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan Desa Tanjung Sari, dan wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur. Sehingga pembangunan infrastruktur penunjang peningkatan pendidikan dapat lebih cepat selesai nantinya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti, Drs Bakhtiar MP, Rabu (24/4) mengaku sudah mulai memprogramkan pembangunan SMP yang dimaksud bupati. Namun untuk pembangunannya akan dilaksanakan pada 2014 ''Tak ada masalah. Kita akan bangun nantinya sesuai dengan harapan bupati. Tahun ini baru perencanaannya saja, kalau untuk pembangunannya akan kita lakukan pada 2014 nantinya. pada akhir tahun sudah bisa ditempati oleh siswa,,'' tegas Bakhtiar. (kpt)