DURI - Kepala Sekolah se-Kecamatan Pinggir di Kabupaten Bengkalis, Riau, melakukan kunjungan ke SMAS Cendana Duri, Selasa (3/10/2017). Dalam kunjugannya, kepala sekolah kagum melihat beragam prestasi yang diraih SMAS Cendana. Apalagi, belum lama ini Perpustakaan Tenas Effendi SMAS Cendana Duri meraih Juara 2 Tingkat Nasional di Jakarta.

Kepala sekolah SD dan SMP se-Kecamatan Pinggir diajak berkeliling melihat fasilitas yang dimiliki SMAS Cendana Duri, seperti Ruang Audio dan Visual, Taman Membaca, serta yang terakhir Perpustakaan Tenas Effendi.

Kepala Sekolah SDN 21 Pinggir, Satiti usai melihat perpustakaan dan ruang belajar, kagum melihat koleksi dan sistim yang ada di Perpustakaan Tenas Effendi. Kalau dibandingkan dengan yang ada di sekolahnya jelas terlihat perbedaannya.

"Memang luar biasa perpustakaan di SMA ini. Jauh berbeda dengan sekolah kami. Untuk itu, kami mau belajar untuk bisa menerapkan sistim Perpustakaan Tenas Effendi di sekolah kami. Banyak inspirasi yang bisa diambil dan diterapkan. Tentu, untuk menerapkannya di sekolah kami membutuhkan waktu," ungkapnya.

Hal yang sama juga dirasakan Kepala Sekolah SDN 11 Semunai, Syafrimel saat berkunjung melihat Perpustakaan Tenas Effendi. "Semoga ilmu yang dibagikan pihak SMAS Cendana Duri dapat memiliki manfaat di sekolah kami dan sekolah lainnya yang ikut dalam kunjungan ini," pungkasnya.

Kepala Sekolah SMAS Cendana Duri, Wiselmi menerima secara langsung kunjungan tersebut didampingi Bidang Kesiswaan, Albohari dan Bidang Sarana dan Pra Sarana, Zulfa Yanti.

Wiselmi sekilas memberikan informasi tentang SMAS Cndana Duri yang awalnya didirikan oleh Caltex dan sekarang menjadi Chevron. Dulunya sekolah ini memang dikhususkan untuk pegawai Caltex (sekarang Chevron, red). Seiring dengan berkembangnya ilmu pendidikan sekolah ini juga menerima pelajar dari luar.

"Dengan adanya kunjungan ini, kita bisa saling berbagi ilmu dalam mengkelola perpustakaan menjadi tempat yang nyaman bagi pelajar untuk belajar dan membaca. Dengan kegiatan ini, semoga tali silahturahmi juga semakin erat antar sekolah yang ada di Kabupaten Bengkalis," ujar Wiselmi.

Pengawas UPTD Pendidikan Kecamatan Pinggir, Sipal mengucapkan terima kasih kepada SMAS Cendana yang mau menerima kunjungan kepala sekolah ini.

"Hadirnya kami di sini banyak mendapatkan pembelajaran bagaimana mengkelola sekolah yang baik dan juga perpustakaan. SMAS Cendana Duri bisa juara nasional, kenapa sekolah lain tidak bisa melakukan hal yang sama. Dengan semangat dan motivasi, saya yakin sekolah lainnya bisa menjadi juara tingkat nasional," jelasnya. ***