SELATPANJANG - Tahun 2018, sebanyak 146 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Hidayah Selatpanjang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mahasiswa KKN angkatan ke XVI itu mengabdi di 8 kecamatan, 16 desa, se Kepulauan Meranti.

Sebelum diantar pihak STAI ke masing-masing desa tempat pengabdian, ratusan mahasiswa itu telah mengikuti pembekalan, Senin (9/7/2018) lalu.

Hadir saat itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim, Pj Kadis Parpora Rizki Hidayat SSTp MSi, Ketua STAI Nurul Hidayah Selatpanjang Syukron Darsyah MPdI, Ketua Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Hidayah H Syahril MPdI, Wakil Ketua I Chanifudin MPdI, Wakil III Rubiana MPd (sekaligus ketua panitia), Ketua Prodi PAI Mustafa SAg MM dan para undangan.

Said Hasyim menyambut baik program mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kampus ke desa. Ia berharap seluruh mahasiswa bisa membuat program kerja yang nyata dan bisa menjadi peninggalan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Selain itu, diingatkan juga agar mahasiswa KKN dari STAI Nurul Hidayah Selatpanjang ini agar selalu memakmurkan masjid yang ada di tiap-tiap desa tempat mengabdi. Selain itu, kerjasama dengan pemerintah desa dalam mengembangkan potensi yang ada harus dimaksimalkan.

"Manfaatkan kesempatan mengabdi ini sebaik mungkin. Tinggalkan kesan yang baik ke tengah masyarakat. Berikan inovasi-inovasi ke masyarakat agar bisa diterapkan dan lebih baik kedepannya," pesan Said Hasyim.

Syukron Darsyah menyampaikan, program KKN merupakan salah satu program tahunan untuk mewujudkan salah satu Tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

Mahasiswa yang sedang mengabdi di masyarakat diminta untuk menjaga nama baik pribadi, keluarga, kampus dan daerah. Mahasiswa juga diminta menjaga kekompakan dan bersinergi dengan pemerintah desa setempat.

KKN dilaksanakan selama 40 hari. Terhitung dari tanggal 09 Juli 2018 hingga 20 Agustus 2018.

Lokasi yang menjadi tempat mengabdi tersebar di 8 kecamatan dan 26 desa di Kepulauan Meranti. Diantaranya Kecamatan Rangsang (Dwi Tunggal dan Tanjung Medang), Rangsang Barat (Bokor dan Lemang), Tasikputri Puyu (Mengkirau dan Mengkopot), Rangsang Pesisir (Sendaur dan Kayu Ara), Pulau Merbau (Baran Melintang dan Batang Meranti), Tebing tinggi Barat (Kundur dan Batang Malas), Tebingtinggi timur (Sungai Tohor dan Sendanu Darul Ihsan), Merbau (Bumi Asri dan Sungai Tengah).

"Jumlah peserta KKN tahun ini sebanyak 146 mahasiswa," kata Syukron Darsah, Rabu (11/7/2018).

Sebelumnya, Sekcam Rangsang Rayan Pribadi, saat menerima mahasiswa KKN (Unri dan STAI Nurul Hidayah Selatpanjang) berpesan agar (mahasiswa) bisa memberikan kesan yang baik pada masyarakat. Lalu, sebelum kembali ke kampus harus bisa memaparkan apa yang telah dilakukan di desa. Bagi program yang masih berjalan, diharapkan bisa dilanjutkan oleh mahasiswa KKN tahun yang akan datang. ***