PEKANBARU - Rumah Sakit (RS) Jiwa Tampan berhasil memperoleh sertifikat bintang lima di bidang pelayanan medis, setelah dinyatakan lulus paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) versi 2012. Pembukaan survei akreditasi ini berlangsung hampir satu bulan oleh 3 tim surveyor KARS.

Direktur Utama RSJ Tampan, dr Haznelldi Juita MM bersyukur dan berterima kasih atas dukungan semua pihak, terutama jajaran manajemen yang berhasil membuktikan pelayanan rumah sakit unggul untuk masyarakat.

"Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, Rumah Sakit Jiwa Tampan berhasil memperoleh hasil lulus dengan paripurna bintang lima," kata dr. Haznelldi Juita, Selasa (6/9/2016).

Rumah sakit yang dikelola Pemprov Riau ini mendapat nilai dan akreditasi terbaik sesuai dengan akreditasi versi 2012 yaitu nilai yang paripurna. Beberapa indikator mutlak saat ini telah dipenuhi dengan pembangunan gedung Unit Pelayanan Instalasi Psikatri (UPIP) 2 lantai yang dalam tahap pengerjaan, daerah sanitasi hingga pengelolaan manajemen.

"Standar akreditasi RS versi KARS 2012ini juga mirip dengan standar akreditasi internasional (JCI). Dalam standar akreditasi baru ini terdapat empat kelompok standar yang terdiri dari 1.048 (Seribu Empat Puluh Delapan) elemen yang akan dinilai, antara lain kelompok standar pelayanan berfokus pada pasien, kelompok standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien rumah sakit dan sasaran Millenium Development Goals," jelasnya.

RSJ Tampan merupakan rumah sakit yang melayani pasien gangguan jiwa satu-satunya di Riau dengan wilayah cakupan Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Sedikitnya ada sekitar 200 pasien gangguan jiwa dilayani setiap hari.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran atas usaha dan kerja keras bersama, sehingga kita memperoleh hasil yang diharapkan," lanjut dr. Haznelli.

Haznelli Juita juga mengucapkan terima kasih besar atas perhatian Gubernur Riau yang memberi dukungan pengembangan sarana dan prasana dalam rangka mendukung peningkatakan pelayanan kesehatan di RS Jiwa Tampan. "Semoga dengan hasil yang didapat ini menambah motivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja yang lebih baik," tutupnya.***