JAKARTA, GORIAU.COM - Sebagai provinsi yang memiliki potensi dibidang perkebunan sawit, anggota DPR RI dari Riau, Jon Erizal mengajak Menteri Keuangan untuk bisa membentuk Badan Layanan Umum (BLU) dibidang pengelola dana sawit.

"Saya mendorong adanya BLU ini, yang fungsinya untuk mendukung menanam kembali sawit, program ini sangat membantu masyarakat dalam penanaman kembali kelapa sawit yang sudah tidak produktif lagi,'' kata Legislator asal Riau Jon Erizal, Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Jon mengatakan, saat kunjungan kemarin di Siak mendapat laporan bahwa ada 14 ribu hektar yang masa reproduksinya sudah habis dan harus penanaman kembali. ''Adanya BLU nantinya diharapkan masyarakat akan terbantu,"singkat Jon.

"Sebagai wakil Riau, saya sudah bicara sama bank BRI dan Mandiri untuk mendukung ini. Tetapi mereka bilang, bahwa sekarang tidak ada lagi fasilitas revitalisasi yang dibantu oleh Menteri Keuangan. Setelah saya tanya Menteri Keuangan, program itu memang tidak ada, tetapi disalurkan melalui Badan Layanan Umum (BLU) pengelola dana sawit," ungkapnya.

Jon juga menjelaskan, bahwa dana tersebut nantinya akan diambil dari perusahaan sawit, setelah dana tersebut dikumpulkan, maka itu akan digunakan untuk penanaman sawit kembali. Namun, BLU ini nantinya dibawah Menteri Keuangan yang bergerak dibidang pengelola dana sawit.

Politisi PAN itu juga mengaku bahwa program ini sudah mendapat banyak dukungan para perusahaan, sehingga jika nanti program ini berjalan, bisa membantu masyarakat Riau penanaman sawit kembali. (arI)