PEKANBARU - Dinas Pertambangan dan ESDM Provinsi Riau menggagas Riau Energi Saving Goverment Office (Resgo) untuk menghemat penggunaan daya pemakaian listrik. Ini diharapkan dapat menekan 10-20 persen tagihan listrik di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang sempat mencapai Rp38 miliar per tahunnya.

"Kami membuat satu aplikasi online yang terhubung langsung dengan PLN. Ini terintegrasi lewat website resmi Riau.go.id. Sehingga, berapa kebutuhan dan penggunaan daya masing-masing SKPD bisa dipantau," ungkap Kadistamben dan ESDM Provinsi Riau, Syahrial Abdi kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (26/10/2016).

Nantinya, siapa pun bisa mengakses aplikasi tersebut. Sehingga, apabila ada SKPD yang didapati pemborosan terhadap pemakaian listrik pun bisa dipantau dan ditegur secepatnya.

Bahkan, Syahrial pun sempat mengingatkan agar penggunaan pendingin ruangan (AC) idealnya harus berada pada suhu 24-26 Celcius karena satu derajat Celcius AC akan mengkonsumsi daya enam persen naiknya dari kapasitas yang terpasang.

"Dengan memantau dari aplikasi ini saja, pak Gubernur bisa langsung tahu mana saja SKPD yang penggunaan listriknya membengkak. Kelak bisa saja langsung menegurnya," imbuhnya.

Untuk diketahui, Resgo ini pun telah dilaunching oleh Distamben dan ESDM Riau pada 18 Oktober bersamaan dengan Pameran Perpustakaan Soeman HS. ***