PEKANBARU - Meski banyak mendatangkan ribuan pengunjung setiap harinya, Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru tidak masuk dalam map destination wisata di Provinsi Riau. Padahal, bangunannya pun dihiasi arsitektur yang menarik dan megah.

"Setiap hari Perpustakaan Soeman HS itu ramai dikunjungi. Sewaktu musim asap, di sini lah yang menjadi tempat belajar anak-anak kita. Bahkan bisa mencapai ribuan yang datang. Orang Malaysia, Filiphina, dan Singapura pun banyak yang datang," ungkap Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau, Yoserizal Zen dalam acara Focus Discussion Group Media Massa di Hotel Furaya Pekanbaru, Kamis (20/10/2016).

Sempat diungkapkan oleh mantan Kabiro Humas Setdaprov Riau ini, Perpustakaan Soeman HS merupakan perpustakaan dengan arsitektur gedung terbaik se-ASEAN, yaitu menampilkan estetika yang tinggi tentang budaya Melayu.

"Perpustakaan tidak hanya menjadi tempat membaca, namun bisa menjadi tempat wisata yang diunggulkan pula. Lihat saja, dalam hari-hari biasa saja setidaknya ada 750 pustakawan yang berkunjung ," tutur Yose. ***