PEKANBARU - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan menyelenggarakan Konser Musik Pesona Indonesia di Provinsi Riau pada Sabtu, 25 November 2017. Yang mana, ini merupakan salah satu iven yang digelar untuk membangun citra positif dan mengembangkan daya tarik pariwisata di daerah perbatasan.

Tim Percepatan Pengembangan Wisata Budaya Berkelanjutan Kemenpar, Hari Untoro Drajat mengatakan, bahwa Konser Musik Pesona Indonesia akan melibatkan grup musik Jamrud. Yang mana, Jamrud adalah band yang berasal dari Jawa Barat yang dibentuk di Bandung dengan nama Jamrock. Grup musik ini sukses mengusung musik cadas sebagai musik populer di Indonesia pada tahun 1990-an.

"Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan daya tarik daerah lintas batas khususnya Riau sebagai daerah tujuan wisata bagi wisman khususnya yang berasal dari Singapura dan Malaysia serta mempromosikan destinasi pariwisata di Riau," ujar Hari yang juga merupakan seorang arkeolog Indonesia ini ketika diwawancara GoRiau.com di Pekanbaru, Jumat (24/11/2017).

Dilanjutkannya, daerah perbatasan merupakan daerah yang paling efektif untuk meningkatkan kunjungan wisman karena jarak yang relatif dekat sehingga wisatawan dapat berkunjung dengan biaya yang relatif murah dan waktu yang singkat. Kemenpar menetapkan jumlah kunjungan wisman lintas batas sebanyak 3 juta kunjungan di tahun 2017 dan peningkatan sebesar 15-20 persen per tahun sampai tahun 2019.

"Untuk menjadikan daerah perbatasan sebagai daerah tujuan wisata yang diminati oleh wisman maka perlu pendekatan yang optimal, seperti penyelenggaraan event yang bervariasi, community development, serta digitalisasi matketing sebagai media komunikasi pemasaran," tambahnya lagi.

Pergelaran konser musik pesona Indonesia adalah salah event yang digelar Kemenpar untuk menarik wisatawan berkunjung ke Riau dan sekitarnya. Di mana, konser musik merupakan atraksi yang paling mudah untuk bisa mencapai sasaran dan target promosi pariwisata. Sementara itu, daerah perbatasan merupakan lokasi strategis untuk mempromosikan pariwisata.

"Dengan demikian, Riau menjadi salah satu lokasi ideal untuk melakukan promosi pariwisata. Konser musik ini akan diselenggarakan di Lapangan Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru," tandasnya. ***