PEKANBARU - Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Dr Hj Hasnati, SH MH mewisuda sebanyak 1.012 lulusan pada acara wisuda Sarjana ke-55 dan Magister ke-5 di Ballroom Hotel Labersa, Sabtu (21/10/2017).

Ia mengungkapkan, bahwa sebanyak 1.012 lulusan tersebut, berasal dari sembilan fakultas dan program Pascasarjana (Magister). Diantaranya, Fakultas Ilmu Administrasi sebanyak 180 wisudawan, Fakultas Ekonomi sebanyak 178 wisudawan, Fakultas Teknik sebanyak 70 wisudawan, Fakultas Pertanian sebanyak 45 wisudawan, Fakultas Hukum sebanyak 222 wisudawan.

Selanjutnya, Fakultas Ilmu Budaya sebanyak 26 wisudawan, Fakultas Kehutanan sebanyak 17 wisudawan, Fakultas Ilmu Komputer sebannyak 104 wisudawan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 92 wisudawan, dan Pascasarjana sebanyak 79 wisudawan.

Dalam pidatonya itu juga, Rektor Unilak, Dr Hj Hasnati, SH MH mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan mereka dalam menyelesaikan pendidikannya.

"Wisuda ini merupakan momen bersejarah, di mana hari ini saudara semuanya dikukuhkan sebagai sarjana dan magister setelah melalui proses panjang disertai berbagai ujian dan tantangan," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap para wisudawan dapat mengembangkan ilmu yang sudah diperoleh selama mengikuti perkuliahan untuk kemudian diterapkan dan diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

"Kepada seluruh wisudawan, tentunya kami juga menitipkan nama baik Universitas. Tetaplah menjalin silaturahmi dengan Almamater," sebutnya Rektor.

Sementara itu, Koordinator Kopertis X yang diwakili oleh Sekretaris pelaksana Kopertis X, Drs Hannafi MM turut mendoakan semoga para wisudawan-wisudawati bisa mendapatkan pekerjaan yang tidak hanya di dalam negeri bahkan bisa di berbagai negara.

Selain itu, ia juga memuji prestasi dan perkembangan Unilak yang mengusung tema “We Go Internasional”. Dengan begitu, ia berharap semoga tahun depan Unilak dapat masuk menjadi 100 universitas terbaik di Indonesia dan dalam dua tahun kedepan dapat menjadi 50 universitas terbaik di Indonesia.

“Sekarang sudah banyak profesor dan doktor di Unilak. Saya berharap semoga tiga tahun kedepan akan semakin bertambah jumlah profesor dan doktornya. Saya yakin, Universitas Lancang Kuning dalam waktu lima atau enam tahun ke depan dapat menjadi world class university,” komentarnya.

Begitu juga dengan apa yang disampaikan oleh Gubernur Provinsi Riau, H Arsyadjuliandi Rachman melalui Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkim), Muhammad Amin. Ia berharap wisudawan Unilak berani berkompetisi dengan pekerja asing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini.

"Jadikan ini sebagai modal.awal dari amanah orang tua, masyarakat dan pemerintah provinsi kepada saudara untuk membantu kami dalam mengembangkan dan memajukan Provinsi Riau yang kita cintai ini," ucapnya. ***