PEKANBARU - Keinginan terus maju dan berkembang menjadi perhatian yang besar bagi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dalam memberikan konstribusi serta berpartisipasi kepada masyarakat. Hal ini selalu diwujudkan melalui Community Development (CD) RAPP dalam program Penguatan Pelaksanaan Program Kampung Iklim, di Hotel Tjokro, Pekanbaru, Selasa (04/12).

Pelatihan dan Workshop ini diikuti seluruh Desa - desa yang menjadi binaan PT RAPP di lima Kabupaten dengan materi mengenai meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan program kampung iklim

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, Ervin Rizaldi menyampaikan bahwa proklim ini banyak untungnya bagi masyarakat. Dengan lahan yang terbatas, masyarakat bisa menanam sayuran, buah-buahan, tanaman herbal, membuat pupuk kompos, bahkan membuat kolam ikan.

"Proklim ini membantu masyarakat sekali. Setidaknya masyarakat bisa mengurangi sampah di sekitar, juga bisa membantu perekonomian sehingga masyarakat bisa mandiri. Kita targetkan semua desa di Riau ini jadi kampung iklim semuanya," ujar Ervin dalam sambutan pembukaan acara pelatihan dan workshop Proklim.

Kepala Balai Pengendalian Peruban Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPI LHK) Wilayah Sumatra, Israr menjelaskan bahwa kegiatan proklim ini sudah dimulai dari tahun 2012, di provinsi Riau yang menjadi proklim setelah Provinsi Jawa Barat.

"Saya berharap sekali nantinya proklim ini menular ke desa-desa tetangga, sehingga kedepannya semakin banyak desa di Riau yang mencegah perubahan iklim," jelasnya.

Direktur CD PT RAPP, Marzum mengatakan bahwa program kampung iklim (Proklim) ini merupakan bentuk dukungan perusahaan kepada masyarakat dengan program pembangun yang telah ditentukan sebelumnya agar perekonomian masyarakat lebih baik kedepannya.

"Kita tentunya ingin proklim ini bermanfaat bagi masyarakat, tidak sekedar seremonial saja, tapi lebih kepada pembangunan berkelanjutan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kadis LHK Ervin Rizaldi dan Kepala PPIKHL Israr menyerahkan secara langsung Sertifikat Program Kampung Iklim Utama Tingkat Nasional yang telah diraih kepada lima Desa binaan PT RAPP di empat Kabupaten se-Provinsi Riau yaitu Desa Olak Kecamatan Sungai Mandau, Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan, Desa Banjar Benai Kecamatan Benai, Desa Lalang Kabung dan Desa Sering Kecamatan Pelalawan. (rls)