PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, tanpa sungkan dan blak-blakan mengatakan, ia sudah lama mengenal karakter serta sifat anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) sejak ia masih menjabat di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

''Sejak di Batam saya sudah dekat dengan kawan-kawan AJI. Saya tahu bagaimana independen dan integritas kawan-kawan AJI. Apa yang Pemprov bisa bantu,'' tanya Ahmad Hijazi, Rabu, 24 Agustus 2016, saat menerima kedatangan pengurus AJI dan Panitia Festival Media (Fesmed) AJI 2016, di kediamannya, Jalan Gajah Mada.

Mendapat respon positif tersebut, Ketua AJI Pekanbaru, Fakhrurrodzi, didampingi Ketua Panitia Pelaksana Fesmed 2016, Eko Faizin, kemudian menjelaskan apa itu Fesmed kepada Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi.

''Fesmed AJI ini merupakan acara tahunan AJI, untuk tahun ini, 2016, pertama kali diselenggarakan di luar Jawa, ya di Pekanbaru, Riau. Kita tak minta dana atau minta dianggarkan di APBD Riau, namun kami minta kesediaan Gubernur Riau untuk menjadi pembicara sekaligus membuka cara tersebut,'' kata Fakhrurrodzi yang juga Pemred RiauOnline.co.id kepada mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Batam tersebut.

Bersamaan dengan pernyataan itu, Ketua Panpel Fesmed AJI 2016, Eko Faizin, kemudian menyerahkan surat kesediaan sebagai pembicara sekaligus buku Fesmed Pekanbaru 2016.

''Wah bagus ini, kalau diselenggarakan di Pustaka Wilayah Soeman HS. Itu ikon Riau, bisa menggaungkan Riau secara positif ke seluruh Indonesia dengan Fesmed ini,'' kata Hijazi saat membaca buku rangkaian kegiatan Fesmed AJI.

Fesmed AJI 2016 diselenggarakan di Pustaka Wilayah (Puswil) Soeman HS, 19-20 November 2016. Sebelumnya, sejak penyelenggaraan perdana di Bandung, Jawa Barat, pada 2012, disusul 2013 di Yogyakarta, Surabaya (2014), dan Jakarta (2015).

Selain talkshow dengan mendatangkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya sebagai pembicara utama, juga Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Ketua LAM Riau Al Azhar dan Direktur Utama Bank Riaukepri, Dr Irvandi Gustari.

Fesmed AJI 2016 juga dimeriahkan dengan berbagai workshop seperti kartun, membuat video dengan smartphone bertema lingkungan, cari uang di Internet, monetize media online, entrepreneuship media lokal dan fotografi dengan smartphone.

Silaturahmi tersebut juga dihadiri Hasan Basril, Ketua Majelis Etik AJI Pekanbaru yang juga Pemimpin Redaksi GoRiau.com, dan Editor Harian Berita Terkini Dina Febriastuti.

Usai menjelaskan apa itu Fesmed 2016, Ahmad Hijazi dipanggil oleh istrinya untuk sarapan pagi yang telah disiapkannya guna disantap bersama-sama dengan pengurus AJI Pekanbaru. ***