PEKANBARU - Persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Provinsi Riau, saat ini masih dalam proses pengumpulan data dari sekolah-sekolah yang akan mengikuti ujian.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan SMA, Hafes, saat ini jumlah sekolah di Provinsi Riau ada 743 sekolah SMA sederajat dan 299 sekolah SMK. Jumlah sekolah dari 2018 yang mengikuti UNBK ke tahun depan pun menunjukkan adanya perbedaan peningkatan.

Tahun 2018 jumlah sekolah UNBK 2018 tingkat SMA sederajat ada 289 sekolah, sedangkan untuk tingkat SMK jumlah sekolah yang mengikuti UNBK ini ada 231 sekolah.

Data dari jumlah sekolah yang baru mengajukan UNBK 2019 yang tercatat sampai 3 Desember 2018 cukup signifikan yaitu 202 sekolah tingkatan SMA sederajat dan 23 untuk jumlah SMK, jumlah tersebut diluar dari jumlah sekolah tahun 2018 yang sudah terdaftar.

Ia juga menyebutkan bahwa data tersebut akan terus bertambah, katena perhari pasti ada data yang masuk ke dinas pendidikan Provinsi Riau, namun dalam rekap data dilakukan per minggu.

"Kita perhari ada data yang masuk kesini, tapi kita merekap perminggu dan terakhir tanggal 3 Desember lalu,". Kata Hafes di Pekanbaru, Sabtu (08/12/2018).

Ia juga menambahkan kalau untuk batas penyerahan berkas sendiri belum bisa di pastikan kapan tanggalnya, dan masih menunggu kabar dari pusat. Karena tahun 2019 pusat memiliki target bahwa semua tingkatan SMA sederajat dan SMK melaksanakan UNBK. ***