PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau sangat siap mengamankan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Meski begitu, Polda Riau juga berharap kondisi kondusif.

''Kepolisian sangat siap dalam tugasnya mengamankan pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang tinggal menyisakan hitungan beberapa bulan ke depan,'' ujar Kapolda Riau Irjen Kapolda Riau Widodo Eko Prihastopo usai simulasi pengamanan Pilpres dan Pileg yang berlangsung di Jalan Gajahmada, Pekanbaru, Jumat (7/12/2018).

Pada simulasi  yang dilakukan Sispamkota Pekanbaru, menggambarkan situasi kemungkinan kericuhan yang terjadi pada saat pemilu 2019 mendatang.

''Ini simulasi Sistem Pengamanan dalam Kota, intinya ini kegiatan preventif, yang jelas kita tidak berharap itu terjadi seperti pada simulasi. Namun demikian kita Polri dan TNI mempersiapkan diri dengan baik, mengantisipasi segala kemungkinan terjadi,''ungkap Irjen Widodo 

''Secara internal kami dalam kondisi apa pun siap. Saya harapkan untuk Riau tidak terjadi seperti apa yang disimulisasikan. Itu kan bentuk crowded, kerusuhan massal sehingga polisi menangani demo dengan tindakan eskalatif, dari ringan hingga penembakan gas air mata. Mudah-mudahan 2019 aman,'' tutup Kapolda Riau. ***