PEKANBARU - Beredarnya informasi kurang pedulinya Pemprov Riau dan Kementerian Pariwisata dalam mempromosikan event pacu jalur yang merupakan agenda nasional dibantah keras oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) Riau, Fahmizal Usman.

"Pacu Jalur ini sudah diakui sebagai salah satu ikon wisata Riau, pengakuan panitia pelaksana Festival Pacu Jalur tahun 2016 yang menyatakan Pemerintah Provinsi Riau hanya membantu dua baliho dan 30 umbul-umbul untuk pelaksanaan pacu jalur itu tidak benar, kita dengan Kementerian Pariwisata sudah menyebarkan Promo di beberapa titik di Indonesia," ujar Fahmizal kepada GoRiau.com (GoNews Group) Jumat (26/08/2016).

Beberapa Promo yang sudah dilakukan Kementerian Pariwisata adalah berupa pemasangan Baligho seperti di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Kota Balik Papan dan Batam Kepulauan Riau.

"Bahkan kita juga memutar film pendek atau Video yang ada di gerbong Kreta Api seluruh rute di Pulau Jawa, jadi janganlah dibilang kita tak membantu promosi," ujarnya.

Bahkan kata dia, beberapa promosi lainya juga dilakukan dengan memasang di 128 Tvc di seluruh Indonesia.

"Panitia jangan asal ngomong, coba dicek dulu, bahkan iven Pacu Jalur ini juga dipromosikan Kemenpar dibeberapa stasiun televisi luar negeri seperti CNN dan Biografi Chanel, ini bukti kita dari Pemprov Riau dan Kementerian turut mendorong terselenggarannya acara ini," beber dia.

Untuk itu kata Fahmizal, bentuk bantuan itu tidak harus berupa uang tunai, karena penggunaan dana untuk promosi juga tidak sediikit.

"Kita sudah berusaha semaksimal mungkin, jadi jangan dibilang seakan-akan kita sepele, untuk itu saya tegaskan bahwa biaya promosi yang kita lakukan dengan Kementerian juga tidak sedikit, jadi janganlah sembarang menuduh, mari sama-sama kita kembangkan dunia Pariwisata Riau ini, karena tanpa kekompakan kita tidak akan bisa maju. Saat ini bagaiamana memikirkan cara dan upaya kita memperkenalkan Riau ini keseluruh daerah dan bahkan luar negeri," pungkasnya.

Sebelumnya Sekretaris Pelaksana Marwan yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kuansing mengatakan, bantuan Pemprov Riau tidak ada. Hanya dua baliho berisi seruan sukseskan pacu jalur dan 30 unit umbul-umbul. (*/dnl)