PEKANBARU - Alutsista milik TNI-AD ikut dilibatkan mengamankan kedatangan istri Presiden RI, Iriana Jokowi dan istri wakil presiden Mufidah Jusuf Kalla di Pekanbaru Provinsi Riau, Rabu (29/3/2017).

Tak tanggung-tanggung, kali ini yang ambil bagian adalah Panser legendaris milik Kavaleri TNI-AD, yakni BTR (Bronetransporter) -40. Ada tiga unit Panser yang diturunkan untuk mengamankan agenda kunjungan Ibu Negara itu.

Salah satu BTR-40 terlihat parkir di GOR Tribuana, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru. Sementara dua lagi disebar di lokasi lain, yang turut didatangi rombongan istri presiden RI tersebut. Tak ayal, parkirnya Panser legendaris ini dijadikan ajang foto-foto.

Tak sedikit siswa/i yang menyempatkan diri mengabadikan foto Panser buatan Russia tersebut. Mereka juga dapat kesempatan gratis melihat dari dekat, seperti apa rupa di dalam kendaraan perang tangguh berusia sepuh tersebut.

BTR-40 ini juga dilengkapi senjata mesin CIS Carrabine yang bisa memuntahkan puluhan peluru. Meski terlihat sedikit tua, namun kemampuannya tak bisa dipandang remeh dan jadi kendaraan taktis berpenggerak roda 4×4 andalan Kavaleri.

Panser itu milik Kavaleri Pasir Putih. Sekali jalan BT-40 bisa mengangkut 10 orang prajurit di dalamnya. Jarang-jarang kendaraan tempur ini turun, lantaran memang hanya dilibatkan untuk pengamanan tamu VVIP, salah satunya ibu negara.

Pantauan GoRiau.com (GoNews Grup), selain Panser, tampak pula satu unit kendaraan taktis Barracuda milik Polri di GOR Tribuana. Lalu ada pula kendaraan Jibom milik Gegana. Semuanya terparkir gagah di sini.

Hingga berita ini diturunkan, Iriana Jokowi dan rombongannya sudah tiba di GOR Tribuana, dengan pengawalan TNI dan kepolisian. Di sini rencananya ibu negara melakukan sosialisasi Narkoba kepada 1.600 siswa/i, mulai dari SMP hingga SMA. ***