SIAK - Memasuki hari ketiga penyelenggaraan event sport tourism Tour de Siak 2018, dua orang pembalap kembali mundur. Selain cuaca yang panas dan terik, jarak tempuh yang akan dilalui pembalap juga cukup panjang dengan rute Siak - Koto Gasib - Siak berjarak 161,48 km dalam 2 lap.

"Awalnya 69 di etape pertama. Lalu 10 pembalap didiskualifikasi karena tidak menuntaskan balapan hingga ke garis finish. Dan pada etape kedua kemarin semuanya mampu mencapai garis finish, hanya saja hari ini 2 orang menyatakan mundur. Alasannya tidak kita ketahui," kata Sondi, Race Director TdSi 2018, Kamis (20/9/2018).

Sebelum 57 pembalap yang siap memperebutkan poin United Cycling Internationale (UCI) dilepas oleh Kapolres Siak, AKBP Ahmad David SIK, para juara dan terbaik di etape kedua dijemput naik podium untuk menerima hadiah yang sudah disiapkan oleh panitia di depan Istana Siak.

Pemenang pertama etape II, diraih oleh Benjamin Dyball ST George Continental Cycling Team dengan catatan waktu 02.30.07 detik. Di posisi kedua Mohd Harrif Saleh, dari Terengganu Cycling Team Malaysia dengan waktu 02:30.54 detik. Sedangkan diposisi ketiga, Mohammad Izzat Hilmi Abd Halil dari Sapura Cycling Team Malaysia dengan waktu 02:30.54 detik.

ST George Continental Cycling Team masih menjadi tim terbaik pertama pada stage 2. Terbukti, yellow jersey belum berpindah dari Mathew Zenevich, sang juara pada stage 1 kemarin. Dan green jersey yang sebelumnya dikenakan oleh Marcus berpindah kepada Benjamin Dyball.

Sementara itu, pebalap Indonesia yang paling sukses dan berhak meraih red white jersey adalah Abdul Gani dari KFC Cycling Team. Pebalap nomor punggung 11 itu membukukan total catatan waktu 05:54:12 dan pada klasemen umum berada diposisi delapan.

"Di etape pertama kemarin, Dimas Febri dari Tim BSP Siak yang meraih red white jersey. Sekarang di etape kedua, dia selisih 1 detik lebih lambat dari Abdul Gani dari tim KFC Cycling Team, makanya red white jersey di stage kedua ini berpindah ke Abdul Gani," kata Sondi.