PEKANBARU - Tim pemantauan dan pembinaan atlet yang dibentuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau sudah mulai berjalan dengan memantau latihan para atlet dari sejumlah cabang olahraga (cabor).

Hal itu disampaikan Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis saat berbincang dengan GoRiau.com di Kantor KONI Riau, Kamis (22/3/2018) siang. "Saat ini tim pemantauan sudah berjalan," ucapnya.

Emrizal melanjutkan, selain melihat intensitas latihan para atlet, khususnya yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua, peningkatan prestasi atlet juga menjadi perhatian.

"Dari hasil pemantauan ini, ada beberapa atlet yang dulunya belum berprestasi, namun saat ini sudah mulai menunjukkan prestasi. Dan atlet yang terus menunjukkan prestasinya akan kita pantau dan dimantapkan untuk PON nanti," paparnya.

"Berbeda dengan atlet yang telah berprestasi tapi intensitas latihan sudah menurun. Meski berprestasi, jika tidak latihan lagi kemungkinan tidak akan dilanjutkan pembinaannya dan kita lebih fokus kepada atlet yang rajin latihan," sambungnya.

Selain atlet, Emrizal menuturkan, venue atau sarana latihan para atlet juga menjadi perhatian tim pemantauan dan pembinaan atlet yang dibentuk oleh KONI Riau. "Sebab, sarana latihan akan menjadi penunjang atlet untuk giat berlatih dan meningkatkan prestasi," imbuhnya.

Emrizal menegaskan, dalam proses pemantauan dan pembinaan ini, atlet-atlet yang rutin dan rajin latihan serta memiliki potensi akan terus dijaga untuk pemantapan mewakili Riau pada ajang PON XX yang akan digelar di Papua tahun 2020 mendatang.

"Untuk mewakili Riau pada PON XX di Papua nanti, atlet yang kita bawa adalah atlet yang memang memiliki potensi dan dari sekarang kita mulai melakukan pemantauan, mulai dari keseriusan latihan, potensi dan prestasinya," terang Emrizal.

Seperti diketahui, mulai 2018 ini, Riau terus melangkah untuk menyiapkan atlet menghadapi ajang multi event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan berlangsung di Papua pada tahun 2020 mendatang.Salah satu langkah yang dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau untuk mempersiapkan atlet ini, dengan membentuk tim pemantauan dan pembinaan atlet di lapangan. Para atlet dari setiap cabang olahraga (cabor) akan dipantau perkembangannya.***