BANDUNG - Kekuatan Atlet Bowling Riau di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV hari ketiga semakin menggila. Dari 7 kelas yang dipertandingkan di Cabang Olahraga Taping Bowling, Selasa (18/10/2016), Riau menyapu 3 medali Emas dan 1 Perunggu sekaligus.

Pada pertandingan berlangsung di Siliwangi Bowling Center Kota Bandung itu, Riau juga harus rela berbagi emas dengan tuan rumah Jawa Barat untuk nomor double TPB 8. Untuk sesi terakhir Riau meraih 2 medali emas pada nomor double putra dan double putri. Sementara Jabar menambah satu medali emas dari nomor mix double.

Duet peboling Riau nomor double putra, Mulyadi dan Adi Sucipto meraih total pin tertinggi yakni 1.593. Sedangkan total pin tertinggi 1.455 double putri dibukukan Desima Marsinta dan Siti Aminah.

Pada double putra, peringkat ke-2 dan ke-3 diwarnai pertandingan tambahan sebanyak 4 frame untuk menentukan peraih medali perak dan perunggu. Pertandingan harus dilakukan lantaran duet Jawa Barat dan DKI Jakarta mencatatkan total pin yang sama yaitu 1.496 dalam enam game.

Akhirnya, medali perak menjadi milik Jawa Barat setelah duet Irwan Ridwan dan Taufik meraih jumlah pin lebih tinggi pada pertandingan tambahan tersebut dari pasangan DKI Jakarta, Priyo Siswoyo dan Catur Sigit.

Keunggulan Provinsi Riau berkat dorongan support dan doa seluruh elemen mayarakat Riau baik Pemerintah maupun legislatif. Seperti kehadiran Ketua Komisi E DPRD Riau H. Masnur dalam pertandingan malam tadi sangat memotivasi para atlet memberikan penampilan terbaik.

Seusai pertandingan, Mulyadi mengatakan, medali emas yang diraihnya di nomor double putra tersebut tak diprediksi sebelumnya.”Saya sebetulnya menargetkan medali emas di nomor single tapi gagal. Malah di nomor double ini kami meraih hasil tak terduga. Hari ini saya dapat satu emas dan satu perunggu," ujarnya.

Pada mix double, Mulyadi yang berduet dengan Desima Marsinta meraih medali perak. Dengan tambahan dua medali emas double putra-putri TPB 8, Riau sejauh ini sudah mengumpulkan total 4 medali emas. Sedang Jawa Barat menambah perolehan satu medali emas yang dipersembahkan duet Rubini dan Taufik. Dengan total pin 1.647, mereka unggul atas pebowling Riau dengan diferensiasi 40 pin.(rls)