PEKANBARU - Membina atlet daerah asli Riau untuk menjadi berprestasi menjadi salah satu misi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, yang cukup keberatan dengan adanya mutasi atlet.

KONI Riau juga mendapat informasi adanya sejumlah atlet berprestasi yang telah dibina Riau mendapat penawaran untuk pindah ke provinsi lain dan juga mendapat tawaran pekerjaan di provinsi tersebut.

Terkait hal itu, Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis mengakui jika pihak KONI Riau sudah melakukan pendekatan dengan beberapa atlet berprestasi yang dikabarkan ingin pindah dan membela provinsi lain pada PON 2020 mendatang.

"Kita sudah melakukan upaya pendekatan dengan keluarga dan juga atlet yang bersangkutan. Atlet-atlet berprestasi itu sudah sepakat untuk tidak pindah dan tetap menjadi atlet Riau," kata Emrizal kepada GoRiau.com, Kamis (22/3/2018) siang.

Emrizal memaparkan, beberapa atlet yang dikabarkan mendapat tawaran dari provinsi lain tersebut diantaranya dari cabang olahraga (cabor) renang, angkat berat, dan juga dari atlet cabor atletik yang saat ini masih dalam upaya pendekatan KONI Riau.

"Seperti halnya ada atlet yang sebelumnya bukan apa-apa, setelah dibina Riau berhasil meraih emas dan prestasi dan kemudian baru mendapat tawaran dari provinsi lain. Dan kita berupa untuk mempertahankan atlet tersebut," imbuhnya.

"Secara organisasi, kita akan mengupayakan untuk lebih mengutamakan atlet daerah asli Riau menjadi berprestasi dari pada harus menggunakan atlet berprestasi namun merupakan mutasi dari provinsi lain," paparnya.

Emrizal juga menegaskan, pihaknya kurang sepakat dengan adanya mutasi atlet. "Lebih baik membina atlet daerah yang belum berprestasi menjadi berprestasi dan memberikan hasil maksimal dan tentunya meningkatkan kualitas olahraga di daerah," tegasnya.

Masih kata Emrizal, dengan adanya atlet-atlet berprestasi Riau yang mendapat tawaran pindah untuk membela provinsi lain, akan menjadi perhatian KONI Riau dalam melakukan pembinaan terhadap para atlet.

"Selain beberapa atlet yang sudah sepakat untuk tetap membela Riau, ada juga dua atlet dari cabor atletik Riau yang berlatih di provinsi lain dan mendapat tawaran dari sana. Untuk atlet atletik ini kita akan upayakan untuk tetap membela Riau," pungkasnya.***