BANDUNG - Atlit panahan Riau, Etika Susilowati berhasil mengumpul  sebanyak 3 medali emas dan satu medali perunggu dalam perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV di Jawa Barat 2016. Cabang panahan mengukirkan prestasi gemilang jauh melampaui target yang diberikan.

Pada laga yang digelar di Lapangan Panahan Padjajaran, Bandung, Sabtu (22/10/2016), Srikandi Riau Etika Susilowati menambah pundi-pundi medali emas. Etika yang berlaga di nomor total nasional aduan perseorangan putri berhasil menyisihkan atlit panahan Jawa Tengah, Sumiati. Anak asuh Mulyo ini berhasil menang dengan skor 6-4.

Disaksikan langsung para pengurus NPC Riau dan atlit, Etika tampil trengginas di Peparnas XV. Dia menyebutkan, medali emas ini didedikasikan buat Riau untuk memberikan yang terbaik bagi olahraga nasional.

Sementara Pelatih Panahan NPC Riau Mulyo juga mengaku bangga, karena pencapaian kali ini diluar ekpetasi. Riau sendiri saat tuan rumah Peparnas XIV tahun 2012 lalu, justru tidak mendapatkan medali emasM Dengan tambahan yang diberikan oleh Etika, Riau berhasil mengumpulkan sebanyak 5 medali emas 2 medali perunggu dan 2 medali perak.

Baca Juga: Wow, Tenis Meja Riau Boyong Enam Medali

Menurut Ketua NPC Riau Jaya Kusuma yang langsung menyaksikan pertandingan di hari terakhir, prestasi ini sungguh  luar biasa. Hal ini berkat hasil kedisiplinan yang ditetapkan pelatih selama menjalani TC penuh di Solo beberapa waktu lalu.

"Keunggulan Provinsi Riau di kancah olahraga nasional berkat kerjasama dan dukungan  penuh pemerintah, DPRD Riau dan stakeholder," sampainya.

Baca Juga: Duet Tuna Netra Riau Sabet Medali Emas

Jaya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau selaku pimpinan tertinggi yang selalu memberikan dukungan kepada atlit sejak awal persiapan termasuk langsung mengunjungi tempat pertandingan.

"Kehadiran Gubernur memberikan spirit kepada seluruh atlit yang bertanding pada hari terakhir ini," ujar Jaya.

Baca Juga: Riau Sabet 3 Medali Emas 1 Medali Perunggu di Cabor Taping Bowling

Hingga hari terakhir, perolehan medali bagi kontingen Provinsi Riau berada diurutan ke 4 dengan jumlah 35 medali emas, 43 medali perak dan 44 medali perunggu atau total 122. Sementara urutan pertama masih unggul tuan rumah Jawa Barat dengan tolehan medali sebanyak 171 emas, 102 perak dan 72 perunggu, total 345.(rls)