TELUKKUANTAN - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2017 memang sudah berlalu. Namun, kemeriahan masih terngiang-ngiang di telinga masyarakat Desa Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Kemeriahan itu tak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat Desa Sukaraja. Apalagi karnaval yang dilaksanakan benar-benar menggambarkan Indonesia.

"Ada yang berpakaian adat melayu, jawa, sunda, madura dan batak serta seluruh adat ditampilkan pada karnaval tersebut," ujar Solehudin, Anggota DPRD Kuansing yang berdomisili di desa tersebut, Minggu (20/8/2017) siang di Telukkuantan.

Menurutnya, masyarakat Sukaraja sengaja menampilkan seluruh etnis dan suku yang ada di Indonesia pada karnaval tersebut. Hal itu dilakukan untuk membangkitkan rasa nasionalisme yang secara global sudah terkikis. "Tapi tidak dengan Sukaraja. Karena itu, kita sengaja mengambil tema sentral 'Dari Sukaraja untuk Indonesia'."

"Rasa nasionalisme dan cinta tanah air semakin terasa ketika para pahlawan nasional ikut merayakan kemerdekaan di Sukaraja. Ada yang berperan sebagai Soekarno, Muhammad Hatta, Jendral Soedirman dan Bung Tomo serta pahlawan nasional lainnya," papar Solehudin.

Dengan hadirnya para pahlawan tersebut, masyarakat Sukaraja semakin antusias. Terlebih, setiap RT menampilkan tank baja, pesawat tempur yang merupakan hasil kreativitas masyarakat.

"Jadi, masyarakat menghiasi sepeda motor sampai mobil dan jadilah seperti tank baja, pesawat tempur dan peralatan perang lainnya," ujar Solehudin. Sedikitnya, 4.000 lebih masyarakat tumpah ruah di lapangan bola desa tersebut.

Hal senada juga dilakukan oleh masyarakat Giri Sako LTD. Kemeriahan peringatan HUT ke-72 RI sangat dirasakan oleh masyarakat. Terlebih, setelah upacara siangnya, malamnya masyarakat dihibur dengan kuda lumping.

"Pada upacara di Desa Giri Sako, itu Pak Marwan Yohanis (Anggota DPRD Riau) yang bertindak sebagai pembina upacara. Kemudian, siangnya beliau membuka karnaval di Sukaraja," tutup Solehudin.***