KUANSING - Antusiasnya masyarakat Desa Sungai Soriak, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau menyambut kedatangan Calon Gubernur Riau nomor urut 1 Drs H Syamsuar MSi terlihat jelas ketika Cagub Riau nomor 1 itu turun dari mobilnya.

Selain mengalungkan bunga, para ibu-ibu berebut ingin menyalami Bupati Siak non aktif itu hingga sampai ke tempat duduk yang sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara acara silaturrahmi dan dilanjutkan berbuka bersama.

Sejumlah tokoh masyarakat juga terlihat hadir, bahkan Prof Suhardi yang begitu disegani masyarakat juga turut mendampingi Syamsuar pada kesempatan itu, Jumat (25/5/2018) petang.

Syafril Manaf, Ketua Relawan pemenangan Syamsuar - Edy Nasution di Kuansing memaparkan tentang sosok, calon gubernur Riau yang diusung oleh PAN, PKS dan Partai NasDem di hadapan para datuk-datuk, Ninik mamak serta masyarakat lainnya yang datang.

"Pak Syamsuar itu Bupati Siak yang berhasil memajukan pariwisata, membuat event sepeda skala internasional, membuat jalan di Siak mulus tanpa lobang, membangun jembatan dengan megah dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia tentang perda Zakat," kata urang dari Simandolak ini.

Tidak hanya itu, pak Syamsuar, lanjut Syafril Manaf terbilang sukses memajukan pertanian di Kabupaten Siak, khususnya pada pertanian padi. Petani padi di Siak sukses dan sejahtera, bahkan masyarakat lainnya yang semula berkebun sawit mengalihkan lahannya menjadi sawah.

"Kami di sini tidak berhasil berladang, pemimpin di Kabupaten maupun provinsi saat kampanye berjanji-janji saja. Sudah menang masih janji saya akan usahakan saja. Kami ingin konsep pertanian di Siak itu juga dikembangkan di Kuansing," sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Calon gubernur Riau Syamsuar mengaminkan apa yang menjadi harapan masyarakat Kuansing. Daerah ini juga memiliki potensi sumber daya alam yang banyak dan layak dikembangkan.

"Ini hanya faktor kemauan saja, pacu jalur di Kuansing ini bisa menjadi iven berskala internasional seperti yang kami buat di Siak, Serindit Boad. Dalam iven serindit boad ini kami juga menerim peserta dari negara Malaysia, Singapura dan lainnya. Kalau kita ada kemauan, tak akan sulit mewujudkan itu," kata Syamsuar.

Cagub Riau nomor 1 ini juga menceritakan bagaimana ia bisa membuat Tour de Siak menjadi iven internasional seperti Tour de Singkarak. Ia sengaja datang ke Bukittinggi, dan bertemu pemimpin daerah itu bersama para pejabatnya dari Siak untuk belajar.

"InsyaAllah kami bersama pak Edy Nasution yang juga putra terbaik Riau ini akan mewujudkan harapan masyarakat Kuansing ke depannya. Kami sudah siapkan beberapa program yang telah berhasil kami buat di Siak dan akan kami terapkan untuk Provinsi Riau. Kami bercita-cita agar masyarakat Riau ini hidup sejahtera," ungkap Syam lagi.

Tak hanya itu, Syamsuar juga memaparkan profil wakilnya Edy Nasution mantan Danrem Riau, yang nantinya juga akan memberantas peredaran narkoba di wilayah Riau. ***