TELUKKUANTAN - Festival Pacu Jalur (FPJ) 2018 telah usai. Siposan Rimbo yang kini dibina Pemerintah Provinsi Riau sukses mempertahankan gelar juara nasional. Tercatat, Siposan Rimbo sudah tiga tahun berturut-turut menjadi juara nasional di Tepian Narosa Telukkuantan.

Perpacuan yang berlangsung Sabtu (1/9/2018) siang hingga sore berlangsung seru. 12 jalur yang melaju ke hari keempat berpacu dalam enam kali hilir untuk meraih tiket semifinal.

Bagi Siposan Rimbo, tak mudah mempertahankan gelar. Sebab, jalur-jalur yang masuk ke hari keempat merupakan yang terbaik di Kuansing.

Pada putaran pertama, Siposan Rimbo ditantang oleh jalur Panglimo Mudo Bintang Nagori dari Kopah. Pada putaran kedua atau semifinal, Siposan Rimbo berhadapan dengan jalur andalan Kuantan Mudik, Toduang Biso Rimbo Piako.

Saat perpacuan akan berlangsung, kedua jalur mencoba untuk saling mendahului di pancang start. Akibatnya, beberapa kali gagal dilepas. Setelah pemanggilan terakhir, akhirnya kedua jalur berhasil dilepas.

Dari perpacuan tersebut, Toduang Biso Rimbo Piako memberikan perlawanan cukup sengit sampai ke garis finish. Alhasil, Siposan Rimbo melaju ke partai final bersama dua jalur lainnya, yakni Pulau Laghe MU RAPP dan Pangeran Hilir Rantau Kuantan Wabup Kuansing.

Dalam partai final segitiga, Siposan kembali berada di jalan sebelah kiri berhadapan dengan Pulau Laghe MU RAPP. Sedangkan jalur Pangeran Hilir RK Wabup Kuansing mendapat undian menunggu.

Sebenarnya, Pulau Laghe dan Siposan Rimbo sudah sering bertemu, baik di babak penyisihan maupun di partai final. Lagi-lagi, Pulau Laghe RAPP membuat Siposan kesulitan dalam memenangkan perpacuan. Tercatat, Siposan menang tipis atas Pulau Laghe RAPP.

Setelah mengalahkan Pulau Laghe RAPP, Siposan sudah ditunggu oleh jalur Pangeran Hilir Rantau Kuantan Wabup Kuansing di pancang start. Siposan pun hanya berhenti sebentar di tambatan dan langsung menuju arena perpacuan.

Siposan yang berada di jalan sebelah kiri mampu menunjukkan keperkasaannya sebagai sang juara bertahan di Tepian Narosa. Pangeran Hilir RK tak mampu mendahului haluan Siposan Rimbo hingga menembus garis finish.

Dengan demikian, sudah tiga kali Siposan Rimbo meraih juara I di Tepian Narosa secara berturut-turut. Sesuai aturan, piala Menteri Pariwisata Republik Indonesia yang selama ini berstatus piala bergilir, kini resmi menetap di Desa Pauh Angit Pangean. Selain mendapat piala, Siposan Rimbo juga berhak atas hadiah uang senilai Rp65 juta.

Berikut peringkat juara pacu jalur 2018 di Tepian Narosa Telukkuantan:

1. Siposan Rimbo Pemprov Riau dari Pauh Angit Pangean.2. Pangeran Hilir Rantau Kuantan Wabup Kuansing dari Cerenti.3. Pulau Laghe Mandulang Untuang RAPP dari Baserah.4. Tuah Inayan Mondulang Untuang dari Pulau Aro Kuantan Tengah.5. Toduang Biso Rimbo Piako dari Paboun.6. Singa Kuantan Tracks Kuansing dari Sungai Pinang.7. Panglimo Mudo Bintang Nagori dari Munsalo Kopah.8. Putri Kumayang Linduang Daun RAPP dari Pulau Ingu.9. Bintang Emas Cahaya Intan DPRD Kuansing dari Tanjung Hulu Kuantan.10. Kilek Keramat Muaro Laii Pemprov Riau dari Pauh Angit Pangean. ***