TELUKKUANTAN - Pencabutan undian pacu jalur hari terakhir, Sabtu (26/7/2017) telah selesai. Hasilnya, sangat mencengangkan ketika jalur andalan Kuantan Singingi (Kuansing), Tuah Koghi Dubalang Ghajo langsung berhadapan dengan jalur andalan Indragiri Hulu (Inhu), Buaya Kuning Keramat Dubalang Hitam.

Banyak masyarakat memprediksi kedua jalur tersebut akan berpacu pada putaran final untuk memperebutkan piala bergilir Menteri Pariwisata Republik Indonesia dan Gubernur Riau.

Sebelumnya, jalur dari Pintu Gobang Kari ini berhasil memulangkan Tigo Putri Olak Keramat yang juga andalan dari Inhu. Tentu, menjadi tanda tanya bagi seluruh masyarakat pecinta pacu jalur, siapakah yang akan memenangkan duel maut ini. Apakah Tuah Koghi yang perkasa atau malah sebaliknya, Buaya Danau menerkam dengan ganasnya.

Tuah koghi berada di jalan sebelah kiri sedangkan Buaya Kuning berada di jalan sebelah kanan. Siapakah pemilik partai seru ini?

Partai lain yang tak kalah seru adalah Jitu Kuantan 'Sang Kuda Hitam' dari Inuman akan berpacu melawan Sang Ratu Helmina dari Koto Kombu Hulu Kuantan. Kebanyakan masyarakat lebih mengunggulkan Sang Ratu Helmina, tapi Jitu Kuantan penuh kejutan pada festival pacu jalur 2017 ini. Apalagi, Jitu Kuantan bisa memulangkan Kahulu Jantan Danau Kompe andalan Kecamatan Benai.

Selanjutnya, laga seru juga akan tersaji ketika dua desa yang dulunya satu berpacu pada hilir ketiga. Adalah Putri Ayu Pematang Intan dari Pebaun Hulu ditantang oleh Toduang Biso Rimbo Piako dari Pebaun Hilir.

Begitu juga dengan perwakilan Inhu lainnya, yakni Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri akan berhadapan dengan Lime Dubalang Ghaje. Keduanya sama-sama jalur unggulan dari Inhu.

Laga lain yang dipastikan berlangsung seru adalah antara Bintang Emas Cahaya Intan dan Rajawali PP. Kedua jalur ini sama-sama tampil memukau pada hari ketiga dan meraih tiket ke hari keempat ini.

Terakhir, Upae Saghok Ghimbo Dusun dari Kepala Pulau Baserah akan ditantang oleh Siposan Rimbo RAPP sang juara bertahan. Tentu, Upae Saghok akan 'all out' dalam menghadapi Siposan Rimbo guna lolos ke putaran delapan besar.

Sementara, dewi fortuna lebih berpihak kepada jalur Palimo Olang Putie, sebab jalur ini melenggang ke putaran delapan besar, tanpa lawan setelah meraih menang bay.***