BASERAH, GORIAU.COM - Linggar Jati JA RAPP, Jalur kebanggaan masyarakat Desa Pulau Kumpai Pangean dipastikan akan melaju ke putaran ke-2 di hari ke tiga Pacu Jalur tradisional rayon III Kecamatan Kuantan Hilir di Tepian Lubuok Sobae Baserah, Sabtu (9/8/2014).

Pasalnya, jalur tersebut mendapatkan menang bay saat pencabutan undian di gedung serbaguna Kantor Camat Kuantan Hilir beberapa jam yang lalu. Padahal, jika dilihat dari prosesi pencabutan undian, Linggar Jati JA RAPP mendapat kesempatan paling akhir.

"Ini memang sebuah keberuntungan untuk Linggar Jati JA RAPP," ujar Eman, salah seorang warga Pangean saat berbincang-bincang dengan GoRiau.com.

Melihat dari hasil undian tersebut, banyak orang mengatakan Pacu Jalur hari ketiga putaran pertama ini, laga 'Ayam Sekandang'. Dimana, beberapa Jalur yang bersaudara berlawanan untuk mendapatkan tiket ke putaran kedua.

Adalah Ombak Nyalo Simutu Olang dari Desa Pulau Tengah, Pangean berada di jalan sebelah kiri berhadapan dengan Siposan Rimbo dari Desa Pauh Angit Pangean. Perlu diketahui, kedua Jalur ini selalu melakukan latihan bersama di Tepian Rajo Pangean. Dua Jalur andalan Kecamatan Pangean ini akan berpacu pada hilir kedua.

Nasib sama juga menimpa Kecamatan Kuantan Hilir, dimana dua jalur andalan harus beradu untuk mendapatkan tiket putaran kedua. Dua Jalur tersebut yakni Meriam Onggang Parau dari Desa Kepala Pulau berhadapan dengan Upae Saghok Ghimbo Dusun.

Sementara itu, satu-satunya Jalur andalan dari Kecamatan Kuantan Hilir Sebrang, Raja Laut akan berhadapan dengan Linta Jalang. Linta Jalang juga merupakan satu-satunya Jalur dari Kecamatan Gunung Toar yang lolos di hari ketiga.

Pertarungan diperkirakan akan berlangsung sengit juga terjadi pada hilir ke-3, dimana Pulau Laghe Mandulang Untuang dari Kecamatan Kuantan Hilir akan berhadapan dengan Purnama Indah Putri Sialang dari Peranap, Indragiri Hulu.(san)