SELATPANJANG - Bagi anda pecinta fotografi, mungkin Pesta Sungai Bokor 2017 harus diikuti. Pasalnya, panitia pelaksana akan mengadakan lomba foto dalam iven tahunan yang digelar di Desa Wisata Bokor Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti, itu.

Ketua Sanggar Bathin Galang Sopandi SSos, kepada GoRiau mengatakan, kalau tahun ini Pesta Sungai Bokor ada lomba foto. Objek yang akan diperlombakan itu adalah tentang wisata desa di Bokor, Riau. "Target kita lomba foto ini berskala nasional. Kalau pun tidak terwujud, kita buat tingkat Provinsi Riau saja," kata Sopandi, Sabtu (22/4/2017).

Guna mensukseskan lomba foto itu, Sanggar Bathin Galang akan menggandeng Riau Image. Bagi pecinta fotografi bisa berpartisipasi dalam iven tahunan yang tahun ini akan digelar tanggal 21 September 2017.

Pelaksanaan Pesta Sungai Bokor 2017, kata Sopandi, terjadi pengunduran dari jadwal awal Bulan Juli 2017. Rencananya Pesta Sungai Bokor digelar tanggal 21 September 2017. Itu disebabkan musim buah-buahan tidak sesuai dengan prediksi awal.

"Kalau kita paksakan pelaksanaannya Bulan Juli, buah-buahan tidak ada. Makanya kita undur jadi September," tambah Sopandi.

Pelaksanaan Pesta Sungai Bokor 2017 ini akan mengangkat tema yang sejalan dengan Visi Riau 2020. Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan bathin, di Asia Tenggara Tahun 2020". "Selain lomba foto, permainan rakyat tetap kita adakan. Nantinya peserta juga kita bawa tamasya Sungai dan makan buah-buahan," ujar Sopandi.

Beberapa permainan rakyat yang sering diadakan di Bokor antara lain, main senengkik, main gasing, main layang-layang, main kelereng. Kemudian ada lomba mancing senepak, dan lomba lari atas tual sagu yang telah memecah Rekor MURI tahun 2015 lalu.

Sopandi merupakan salah satu pemuda di Desa Bokor menjadi penggiat kebudayaan. Berbagai iven telah dilaksanakan di desanya. Tak tanggung-tanggung, iven yang pernah dibuat Sopandi untuk mempromosikan desa bukan hanya berskala nasional, tetapi internasional.

Untuk Pesta Sungai Bokor, telah diadakan sejak tahun 2011 yang lalu. Selain itu, ada juga iven musik bertaraf internasional yaitu Bokor World Music Festival (BWMF). Tak sedikit tamu-tamu dari luar negeri sampai ke Desa Bokor terutama mereka yang senang bermusik. ***