SELATPANJANG - Bupati Siak Syamsuar mengaku telah berbicara dengan Bupati Bengkalis Amril Mukminin terkait rencana menyatukan pulau. Lantaran ada Selat Selari yang agak jauh, maka menyatukan pulau yang dimaksud akan melibatkan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kata Syamsuar, dengan kondisi sekarang, baik pejabat Bengkalis maupun Pejabat Siak, waktunya selalu bergantung pada jadwal keberangkatan RoRo Selat Selari. Dicontohkan Syamsuar, acara malam, sering kali pejabat minta izin pulang duluan karena takut tak bisa menyeberang kalau RoRo sudah berhenti beroperasi. "Baik Pejabat Siak acara malam di Bengkalis atau pun sebaliknya, selalu minta izin pulang cepat, takut tak bisa menyeberang," kata Syamsuar.

"Selagi belum ada jembatan penghubung antar pulau, kita akan selalu sedih karena untuk ke Bengkalis saja dari Siak tergantung dari feri," kata Syamsuar lagi.

Guna mencarikan solusi, Syamsuar mengaku telah membahas ini dengan Amril Mukminin. Salah satu solusi adalah menyatukan pulau. Namun, kata Syamsuar, paling pas itu kalau melibatkan Kepulauan Meranti, karena di Kota Sagu selat-selatnya tidak panjang.

"Kita butuh dukungan provinsi sebagai wakil pusat. Mari duduk bersama, bicarakan masalah penyatuan pulau ini. Selat-selat kita tidak panjang, mudah-mudahan Allah meridhoi niat baik ini," ujar Syamsuar.

Upaya untuk menyatukan pulau ini mendapat respon baik dari Amril Mukminin dan Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi. Terlebih, antara Siak, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti telah menjalin kerjasama. Kerjasama ini banyak gunanya terutama dalam hal kemajuan daerah, baik di bidang pendidikan, kesehatan, termasuk infrastruktur lintas daerah. Ini akan sangat membantu mendukung percepatan pembangunan antar daerah.

"Kita banyak potensi kalau tak bersama, sulit menangani permasalahan yang ada," kata Syamsuar.

Hal itu diakui H Irwan. Menurut orang nomor satu di Kepulauan Meranti tersebut, kerjasama dengan Siak dalam upaya menyatukan pulau sudah lama dibicarakan. Memang diperlukan jembatan agar tidak sulit dari Pulau Sumatera ke Kepulauan Meranti, atau sebaliknya.

"Pembangunan atau menyatukan pulau itu tidak mungkin terwujud andai orang yang jadi Gubernur Riau tidak mengerti kondisi di sini. Pilihlah pemimpin yang tahu dengan daerah ini," pesan H Irwan pada saat Syamsuar menyatakan kesiapannya maju ke Riau I, 2018 mendatang.

Dari Kepulauan Meranti menuju ke Bengkalis tidak lah jauh seperti dari Sei Pakning ke Bengkalis. Selat Selari lebih lebar jaraknya jika dibandingkan dari Selat Bengkalis yang memisahkan Dedap Tasikputri Puyu Kepulauan Meranti dengan Kelamantan Bengkalis. ***