SELATPANJANG - Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kepulauan Meranti telah menggelar latihan 100 hari. Ini merupakan upaya persiapan sebelum menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Oktober 2017 di Kabupaten Kampar.

Menurut Ketua PRSI Kepulauan Meranti Azwan ketika bincang-bincang dengan GoRiau, Minggu (23/4/2017), latihan 100 hari itu telah diselenggaran di Kolam Renang SKM Selatpanjang. Latihan sebagai persiapan Porprov 2017 ini sengaja digelar lebih awal. "Kita sudah melaksanakan latihan 100 hari," kata Azwan.

Nantinya, tambah Azwan, kalau mempunyai dana lebih, atlet renang dari Kota Sagu akan dibawa latihan ke Kolam Renang Rumbai, Pekanbaru. Sebab, di Pekanbaru ukuran kolam renangnya sudah sesuai standar. "Rencananya, kalau ada dana atlet akan kita bawa latihan ke Pekanbaru sekitar satu minggu," ujar Azwan.

Meski belum melakukan latihan resmi di Pekanbaru, pasca latihan 100 hari, tapi 10 atlet dari Kota Sagu sudah bertanding di Kolam Renang Rumbai. Mengikuti iven Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan se Sumatera (KRAPSu) akhir Maret 2017, dari 10 atlet yang bertanding berhasil membawa pulang 6 medali.

Dari enam medali tersebut, dua medali perak disumbangkan oleh Ipda Rumangga STK Kaur Bin Ops Sat Res Narkoba Polres Kepulauan Meranti. Waktu itu Rumangga berhasil mendapatkan medali perak pada kategori 50 dan 200 meter gaya dada.

Sementara 4 medali lainnya disumbangkan oleh rekannya antara lain, Aziz Arham (1 medali emas) yang bertanding pada kategori 50 meter gaya punggung, M Irwansyah (1 medali perak) 100 meter gaya bebas, Firdaus (1 medali perunggu) 50 meter gaya dada, dan Bobriando (1 medali perunggu) 50 meter gaya bebas.

Di tempat terpisah, Sekretaris KONI Kepulauan Meranti Ricky Heriyansah SE Ak mengaku belum memastikan cabang olahraga mana saja yang akan diikutsertakan pada Porprov 2017 di Kampar. Sebab, sampai saat ini mereka belum menggelar rapat bersama dalam menentukan cabor-cabor yang akan dikirim.

"Kita belum rapat, jadi belum bisa dipastikan berapa dan cabor apa saja yang akan diikutsertakan dalam Porprov 2017," kata Ricky, Senin (24/4/2017). ***