SELATPANJANG - Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun tahun 2017 resmi dimulai, Minggu (23/4/2017). Juri yang memberi penilaian diminta untuk objektif dan tidak curang.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti Rosdaner SPd saat membuka O2SN di SMK Patria Dharma, Selatpanjang, Minggu (23/4/2017). Dewan juri diminta mengutamakan penilaian yang objektif, dan professional. "Mana yang patut-patut, yang tidak-tidak. Jangan pentingkan saudara mara, tolong semuanya memantau," kata Rosdaner.

Rosdaner mengharap atlet yang dikirim ke tingkat Provinsi Riau nantinya betul-betul atlet yang berprestasi di tingkat kabupaten. Sehingga, diharapkan pula bisa memberikan hasil maksimal untuk Kota Sagu di tingkat provinsi. "Pilih atlet yang nilainya betul-betul mantap. Saya tak ingin yang dikirim ke provinsi nantinya adalah saudare mara yang tidak layak bertanding," tambah Rosdaner.

Kemudian, kepada peserta O2SN diminta untuk menjunjung tinggi sportif selama bertanding. Selain itu, masing-masing atlet, pelatih, dan official diminta senantiasa meningkatkan silaturrahmi. Karena, menurut Rosdaner, memutuskan silaturrahmi akan menjauhkan diri dari rezeki.

"Kita sepakat, kita jujur, Insyallah hasilnya nanti sama-sama kita buktikan. Kita harus kirim yang patut, kalau terbukti curang akan didiskualifikasi," tegas Rosdaner.

Berdasarkan data dari Disdikbud Kepulauan Meranti, jumlah peserta O2SN 2017 sebanyak 134 orang. Mereka terdiri peserta SD, SMP, Official, dan Pelatih.

Peserta SD (Putra dan Putri) sebanyak 50 orang dengan rincian, Cabor Atletik 18 orang, cabor Bulu Tangkis 18 orang, Cabor Karate 6 orang, dan Cabor Silat 8 orang.

Peserta SMP (Putra dan Putri) sebanyak 50 orang dengan rincian, Cabor Atletik 18 orang, Cabor Bulu Tangkis 18 orang, Cabor Karate 6 orang, dan Cabor Silat 8 orang.

Kemudian ditambah seluruh official dan pelatih (dari 9 kecamatan) sebanyak 34 orang.

Pelaksanaan O2SN ini selama 2 hari, mulai tanggal 23 hingga 24 April 2017.

Pembukaan, di yayasan Patria Dharma Tebingtinggi. Pertandingan Karate dan Silat di SMKN 1 Tebingtinggi, pertandingan Bulu Tangkis di Gedung Olahraga Ocean, dan Atletik di Lapangan Sepakbola Gelora Selatpanjang. ***