SELATPANJANG - dr Misri Hasanto MKes mengatakan harusnya setiap pembangunan di Kepulauan Meranti berkoordinasi dengan Diskes. Pasalnya, setiap pembangunan akan berdampak pada kesehatan warga sekitar.

Demikian disampaikan Sekretaris Diskes Kepulauan Meranti itu ketika berbincang-bincang dengan awak media. Kata Misri waktu itu, sinergisitas pembangunan harus ada antara yang akan membangun dengan Diskes Kepulauan Meranti.

Karena, tambah Misri, ada efek kesehatan dalam setiap pembangunan. Terutama dari pembuangan limbah, atau genangan air dari bangunan yang dibuat. "Harusnya sampaikan ke Diskes, misalnya saya mau bangun ini ada atau tidak efek pada kesehatannya. Kalau ada, bisa diminimalisir," ujar Misri.

Terkait genangan air, kata Misri juga, menjadi salah satu wadah tempat nyamuk bertelur. Jika nyamuk yang bertelur membawa virus, maka besar kemungkinan besar warga sekitar akan terkena penyakit.

"Nyamuk berkembangbiak di air yang tergenang. Namun jika genangan air itu berkontak langsung dengan tanah, nyamuk penyebab demam berdarah tidak akan berkembang biak," beber Misri.

Untuk itu, Misri mengimbau agar tidak ada genangan air baik di rumah maupun tempat-tempat lain. "Cegah nyamuk berkembang, bagaimana genangan air supaya tidak lagi tergenang," imbaunya. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini