SELATPANJANG - Tahun 2017, tak ada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Kabupaten Kepulauan Meranti melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pasalnya, ada komunikasi yang terputus antara Pemkab Kepulauan Meranti dengan Provinsi Riau.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti Syafrizal, Jumat (21/4/2017). Kata Syafrizal, komunikasi antara Disdikbud Kepulauan Meranti dengan Disdik Provinsi Riau sempat terputus. Pejabat yang lama di Kepulauan Meranti terkena mutasi sehingga pada masa perpindahan jabatan itu komunikasi terkait UNBK ke Provinsi Riau sedikit terhambat.

"Ada komunikasi yang terputus, sehingga tahun ini kita belum bisa melaksanakan UNBK," kata Syafrizal.

Tahun ini, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTP 2017 di Kepulauan Meranti tetap menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). UNKP ini dilaksanakan tanggal 2, 3, 4 Mei 2017. Tanggal 5,6,7 Mei 2017 siswa libur, UNKP akan dilanjutkan pada tanggal 8 Mei 2017.

Untuk soalannya, kata Syafrizal lagi, akan tiba di Kepulauan Meranti tanggal 28 April 2017 menggunakan transportasi laut KM Jelatik Ekspress dari Pekanbaru. Soalan itu nantinya, secepat mungkin akan didistribusikan ke masing-masing UPTD di Kecamatan. Cepatnya pendistribusian soalan UNBK ini dilakukan mengingat akses di tiap daerah Kepulauan Meranti tidak mudah ditempuh seperti daerah perkotaan.

"Menjelang UN, soalan itu langsung kita distribusikan ke kecamatan. Nanti kita koordinasikan dulu ke Polres Kepulauan Meranti untuk pengamanan soalan UN selama di kecamatan," kata Syafrizal.

"Lebih baik menginapkan soalan itu lebih dekat dengan sekolah, tidak mungkin tiap hari kepala sekolahnya menempuh jarak yang jauh untuk menjemput soalan," tambah Syafrizal.

Tahun ini sebanyak 87 sekolah setingkat SMP di Kepulauan Meranti akan melaksanakan UN. Terdiri dari 46 SMP, 36 MTs, dan 5 Paket B. "Dari keseluruhan, ada sekolah yang tidak bisa menyelenggarakan UN sehingga mereka harus bergabung," beber Syafrizal. ***