SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti memaksimalkan potensi sebagai salah satu daerah penghasil sagu terbesar di Indonesia. Meski baru seumur jagung, kabupaten termuda se Provinsi Riau itu telah meraih dua penghargaan dari Musem Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Berdasarkan data yang dihimpun GoRiau, sebelumnya Kabupaten Kepulauan Meranti sudah pernah meraih penghargaan MURI dalam kategori lomba lari atas tual sagu. Piagam Penghargaan MURI dengan nomor 7171/R.MURI/VII./2015 itu diserahkan kepada Sopandi SSos, warga Desa Bokor Kecamatan Rangsangbarat Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (27/7/2015) malam. Sopandi sebagai pelopor lomba lari atas tual sagu dengan panjang 500 meter.

Baca Juga: Pecahkan Rekor MURI, Kepulauan Meranti Kirim 70 Ahli Masakan ke Pekanbaru

Lalu, 25 Oktober 2016, kabupaten yang berbatasan dengan Malaysia ini kembali mendapat penghargaan MURI dalam kategori Sajian Jenis Makanan Terbanyak dari Bahan Dasar Sagu. Piagam Penghargaan MURI untuk Kabupaten Kepulauan Meranti kedua kalinya teregistrasi dengan nomor 7668/R.MURI/X/2016. Piagam penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim pada acara Riau Food Festival 2016 di halaman Kantor Gubernur Riau.

Baca Juga: Ini Rekor MURI Pertama di Kepulauan Meranti

Pada saat memecah rekor dengan makanan terbanyak dari bahan sagu ini, Kabupaten Kepulauan Meranti bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI).

Sebelumnya, ditarget akan ada 350 varian makanan berbahan dasar sagu. Dimana, Kepulauan Meranti menyediakan 300 menu dari sagu, sementara APJI menyediakan 50 menu. Namun, pada hari H, MURI mencatat ada 369 makanan berbahan dasar sagu, Ini dinilai MURI mencatat suatu karya yang luar biasa kategori makanan yang berada di Provinsi Riau

"Kami menilai kini Sagu telah diolah dan diperkaya dengan berbagai kreasi dan jenis makanan. Tercatat 369 makanan berbahan dasar sagu telah berhasil diciptakan dan kami menganugrahkan Rekor MURI," ujar Awan Rahargo, selaku Senior Manager MURI.

Piagam dengan nomor yang sama juga diserahkan kepada Pemprov Riau, Serta pihak APJI. ***#Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini