SELATPANJANG - Dua perenang asal Kepulauan Meranti, Ipda Rumangga Pratama Napitupulu STK dan Aziz Arham perkuat Kontingen Riau pada Kejuaraan Renang Nasional 2017 di Palembang. Dua atlet Kota Sagu itu sebelumnya berhasil meraih Medai Perak dan Medai Emas pada Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan se Sumatera (KRAPSu) di Pekanbaru, Maret 2017.

Kaur Bin Ops (KBO) Sat Res Narkoba Polres Kepulauan Meranti itu berangkat ke Palembang mewakili Riau bersama Aziz Arham (atlet) dan Aep Ma'rup Saepudin selaku pelatih. Pada Kejuaraan Renang Nasional yang digelar di Jakabaring Aquatic Stadium Palembang, Ipda Rumangga ikut kelas kelompok umur senior, 50 meter gaya punggung.

Temannya, Aziz Arham, juga ikut kelas kelompok umur, 50 meter gaya dada.

Ipda Rumangga mengaku bangga bisa mewakili Riau dan Kabupaten Kepulauan Meranti pada iven nasional tersebut. Ia pun bertekad memberikan yang terbaik untuk daerah tempatnya bertugas. "Kita sangat bangga mewakili Riau, khususnya Kepulauan Meranti," kata Ipda Rumangga, Minggu (23/04/2017).

Ipda Rumangga juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung renang di Kepulauan Meranti. Diantaranya Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah SIK, Bupati Drs H Irwan MSi, Ketua KONI Asnan Mahadar, Ketua PRSI Meranti Azwan, Pelatihnya Aep, dan pihak-pihak lain yang telah membantu. Ia berharap masyarakat Kota Sagu selalu mendoakan perjuangan mereka saat mengikuti iven renang yang membawa nama daerah.

Sebelumnya, ini Ipda Rumangga berhasil meraih Medali Perak dan Aziz Arham meraih Medai Emas pada iven KRAPSu di Pekanbaru.

Pada tanggal 14 Desember 2016 lalu, Rumangga juga berhasil meraih dua medali, emas dan perunggu, saat mengikuti lomba renang yang diselenggarakan oleh Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Riau. Waktu itu, Rumangga mengikuti pada kategori 200 meter gaya ganti (meraih medali emas) dan gaya punggung 50 meter berhasil meraih medali perunggu.

Menurut Rumangga, Ia telah menekuni olahraga renang itu sejak duduk di bangku SMP. Saat kelas 3 SMP, Ia menjadi salah satu peserta lomba renang 10 KM melintasi Danau Toba Sumatera Utara (Sumut). Ia pun berkali-kali meraih penghargaan di bidang olahraga renang tingkat Provinsi Sumut. ***